Tren Motor Ekstrem di Indonesia

 2731 views

Dunia otomotif memang seringkali menampilkan berbagai kejutan menarik bagi para penggemarnya, terutama dalam hal . Tak sebatas dalam taraf “”, beberapa pemilik motor juga kerap memodifikasi kendaraannya dengan tema yang paling ekstrem.

Tampilan beda dan unik merupakan tujuan utama para . Umumnya, mereka tidak puas dengan tampilan standar motor yang mereka besut. Modifikasi ini bisa mulai dengan yang paling ringan, seperti mengganti knalpot atau penambahan aksesori, hingga yang paling ekstrem dengan merombak ulang tampilan kuda besi. Bahkan, tak jarang modifikasi ini dilakukan hingga menghilangkan bentuk dan ciri motor aslinya.

Salah satu motor yang cukup banyak mendapatkan modifikasi ekstrem dari builder adalah Suzuki Satria 120R. Jika dulunya modifikasi motor ini hanya sebatas untuk kepentingan balapan, namun saat ini modifikasi Satria 120R telah merambah ke bentuk yang berubah total, bahkan bisa menyerupai motor .

Modifikasi ekstrem ini hanya menyisakan dan rangka. Sementara, komponen standar lainnya dilucuti. Sektor kaki-kaki menjadi bagian yang berubah total, dengan meggunakan shock motor trail untuk suspensi depan, serta monoshock dan dimensi swingarm yang lebih panjang untuk bagian belakang.

Selain sektor kaki-kaki, sistem kemudi juga mengaplikasikan model stang motor trail yang lebar. Tak cuma itu, jok juga dibuat lebih ramping, dan tak lupa penambahan papan nomor start yang menempel di bagian depan atau samping.

Selain Satria 120RR, motor lain yang tak jarang memperoleh modifikasi dalam skala ekstrem adalah Kawasaki Ninja 150. Motor yang sangat populer di Indonesia tersebut biasanya mendapatkan penggantian dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga membuat bobot motor ini banyak berkurang.

Selain merampingkan ukuran ban, beberapa bagian juga turut dilepas demi mengurangi bobot, seperti spakbor belakang. Untuk lebih menampikan kesan macho, jok pun dibuat tipis, serta tak lupa airbursh yang menempel di sekujur bodi.

Motor populer lain yang kerap mendapat modifikasi ekstrem adalah Astrea Grand keluaran . Kebanyakan, modifikasi pada motor ini mengarah ke model ceper ekstrem, dengan membuat motor Astrea Grand sependek-pendeknya.

Perubahan yang mencolok pada modifikasi ini adalah menghilangkan penggunaan shock. Di samping itu, ukuran ban dan velg dibuat lebih kecil, serta mengubah lubang pada swingarm atau lengan ayun untuk memajukan ban.

   
Penulis: