Trik Modifikasi Kawasaki Ninja Jadi Motor Drag

 7582 views

Bukan rahasia lagi jika merupakan varian yang paling banyak diburu. Tampilannya yang macho, agresif, sekaligus sporty didukung dengan akselerasi menawan membuat motor ini menjadi salah satu motor yang laris di pasaran.

Karena telah mengusung sejumlah persyaratan untuk menjadi motor yang macho, maka jarang sekali pemilik Kawasaki Ninja yang mendesain ulang motor mereka untuk dijadikan motor drag. Keengganan ini memang bisa dimaklumi mengingat selain desainnya yang sudah aduhai, untuk menjadi motor drag juga tidak sedikit.

Namun, jika Anda, pemilik Kawasaki Ninja, ingin mendesain motor Anda menjadi motor drag, sah-sah saja. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai memodifikasi Ninja menjadi motor drag.

Prinsip modifikasi Ninja menjadi drag (khususnya yang 2-tak) mengacu pada basic tuning two stroke seperti porting silinder, knalpot, , dan pengapian. Pengaturan kompresi primer dan sekunder selalu jadi tujuan untuk menghasilkan tenaga. Biasanya, ini dimulai dari kepala silinder, dengan mengatur sudut squish 10 derajat dengan lebar 6 mm. Hitungan ini didapat dari rumusan dengan konsep turbulensi gas pada kepala silinder. Efeknya nanti bakal terasa pada putaran .

Selain itu, kunci lain terletak pada tinggi port, menghaluskan salurannya, memperbesar ukuran port, dan mengarahkan kembali jendela port. Di samping itu, Anda juga harus rajin-rajin ke tukang bubut karena kunci keberhasilan modifikasi ini salah satunya terletak di mesin bubut serta operatornya.

Selain mengubah settingan mesin, konsep drag bike juga bisa diusung dengan memodifikasi , seperti pada Ninja RR misalnya. Ada beberapa agar tampilan Ninja RR menjadi motor drag, yaitu:

  • Membuat bodi motor Ninja RR menjadi lebih ceper. Pasalnya, motor drag identik dengan motor yang ceper.
  • Mengubah ukuran menjadi lebih kecil.
  • Mengubah bentuk stang motor. Stang motor dipersempit sehingga tidak selebar ukuran normalnya.
  • Mengubah atau mendesain ulang warna cat motor.

Yang perlu diingat, biaya untuk memodifikasi Kawasaki Ninja menjadi motor drag memang tidak sedikit. Biaya yang dibutuhkan bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah, tergantung model yang diinginkan.

   
Penulis: