Triumph Kenalkan Motor Off-Road Bergaya Classic, Scrambler 1200

London legendaris, Motorcycle baru saja merilis anyar Triumph Scrambler 1200 yang disebut-sebut sebagai motor off-road paling tangguh di kelasnya. Triumph Scrambler 1200 XC dan XE model 2019 mengedepankan gaya klasik, namun sudah dilengkapi berbagai modern seperti TFT-LCD full color dengan 2 tema, port USB, hingga navigasi Google yang bisa diaktifkan melalui modul bluetooth.

Triumph Scrambler 1200 XC – www.thedrive.com

Tak cukup sampai di situ, Triumph Scrambler 1200 juga bisa tersambung dengan smartphone untuk pengoperasian telepon, musik, hingga action cam GoPro. Bahkan pihak Triumph fitur itu adalah yang pertama di dunia. Mesin yang diusung adalah HP (High Power) paralel twin berkapasitas 1.200 cc, liquid cooled milik Triumph Truxton yang telah dituning ulang.

Kemudian ada pula pembaruan dari segi firing order/urutan pembakaran serta crankshaft 270 derajat yang juga dipakai oleh T120 Bonneville . Triumph sendiri sengaja menggunakan crankshaft 270 supaya meminimalisir getaran mesin dan membuat suara motor ini lebih berkarakter.

Sektor dapur pacu Triumph Scrambler 1200 juga diklaim kuat karena dapat menyemburkan tenaga maksimal 90 hp pada 7.400 rpm, 12,5% lebih kuat dari Bonneville T120 dan 38% lebih kuat daripada Street Scrambler. Torsi Triumph Scrambler 1200 pun lebih besar dari sebelumnya, yakni 110 Nm pada 3.950 rpm.

“Mesin telah disetel untuk rentang rendah dan menengah yang kuat dan sementara gigi-gigi internal pada gearbox enam kecepatan tetap sama, rasio final drive-nya telah dimodifikasi. Slip dan assist clutch lebih mudah dikontrol untuk kondisi lalu lintas padat di perkotaan,” demikian bunyi pernyataan Triumph, seperti dilansir Motovaganza.

Triumph Scrambler 1200 tersedia dalam 2 varian, XC dan XE. Keduanya memiliki perbedaan dari segi tinggi jok, di mana model Triumph Scrambler 1200 XE memiliki kursi lebih tinggi dari versi XC. Triumph Scrambler 1200 menyediakan 4 pilihan mode berkendara, antara lain mode Road, Rain, Off-road, dan .

Sementara itu, varian XE dilengkapi tambahan pilihan Off-road Pro untuk mematikan ABS dan kontrol traksi secara otomatis. XC tersedia dalam pilihan Jet Black dan Matte Black, Khaki Green, dan Brooklands Green. Sedangkan varian XE tersedia Fusion White, Brooklands Green, Cobalt Blue, dan Jet Black. resmi baru diumumkan pada 14 Desember 2018.

   
Penulis: