Triumph Luncurkan Motor Petualang Terbaru, Tiger 800 XCa

Jakarta – Pabrikan legendaris, Triumph akhirnya resmi merilis motor petualangnya, Tiger 800 XCa untuk India. Motor yang fitur-fiturnya lebih ke arah off-road riding ini hadir sebagai pesaing Africa Twin dan BMW F 850 ​​GS.

“Triumph Tiger 800 XCa dilengkapi dengan lampu LED terbaru, switchgear pada bagian belakang, joystick control, heated grips, dan pelindung radiator dari aluminium,” demikian seperti dilansir Motorbeam melalui Liputan6.

Triumph Tiger 800 XCa – www.cycleworld.com

Tak hanya memperoleh tata letak yang baru untuk layar TFT, motor buatan pabrikan asal ini juga dilengkapi dengan mode berkendara seperti Street, Off-Road, Off-Road Pro dan Individual. Yang lebih menarik, motor petualang Triumph Tiger 800 XCa juga dibekali dengan pengereman anti-lock braking system (ABS) yang bisa diatur.

Motor ini menggunakan roda berukuran 21 inci pada bagian depan dan 17 inci di bagian belakang. Kemudian untuk suspensi, Triumph Tiger 800 XCa memakai garpu upside down 43 mm (USD) di bagian depan dan monoshock di bagian belakang.

Triumph Tiger 800 XCa mengusung dapur pacu berupa berkapasitas 800 cc, liquid cooled, inline three dengan pengaturan DOHC yang diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 92 Tk dan torsi 79 Nm. tersebut dipadukan dengan transmisi 6 percepatan. Untuk sistem pengeremannya, motor ini menggunakan set up pengereman kaliper Brembo cakram ganda di bagian depan dan rem belakang cakram tunggal dengan kaliper Nissin. Adapun Triumph Tiger 800 XCa dijual dengan Rs 15,17 lakh atau sekitar Rp 311 juta jika dirupiahkan.

Untuk pasar Indonesia sendiri, Triumph belum lama ini menghadirkan Triumph Scrambler 1200XE. Motor yang bergaya adventure modern classic ini menjadi teman baru untuk Triumph Tiger dalam deretan motor adventure. “Triumph Scrambler 1200XE adalah cerminan dari Triumph dalam melihat tren dan gaya hidup biker modern yang mencari sosok motor ikonik untuk bisa mengekspresikan dirinya dalam berbagai destinasi yang cocok digunakan di Indonesia,” katanya.

PT Garda Andalan Selaras (GAS) selaku distributor Triumph Motorcycles memasarkan motor Triumph Scrambler 1200XE yang mengusung mesin Bonneville Hogh Power 1.200 cc berdaya 90PS @ 7.400 RPM berpendingin cairan ini dengan harga Rp 545 juta berstatus off the road.

   
Penulis: