TVS Kenalkan Motor Hybrid Canggih & Gahar TVS Zeppelin

New Delhi tampaknya ingin selangkah lebih maju dari produsen-produsen sepeda lainnya. Dalam ajang bergengsi Auto Expo 2018 di India beberapa waktu lalu, TVS meluncurkan bermesin hybrid yang dinamakan TVS Zeppelin Concept 2018. Dari segi tampilan, motor ini terbilang unik karena mengusung body yang kekar dan ukurannya pun cukup bongsor.

2018 TVS Zeppelin Cruiser Concept – paultan.org

“Motor hybrid pertama TVS ini memiliki ala motor cruiser. Motor ini menggunakan bensin berkapasitas 220 cc satu silinder. Tenaga penggerak kendaraan tersebut diyakini mampu menghasilkan tenaga sebesar 20 hp,” demikian seperti dilansir Motofire.

TVS Zeppelin dibekali mesin 1 silinder berkapasitas 220 cc dengan belt drive di bagian roda belakang. Mesin tersebut dipadukan dengan motor 1.200 watt (1,6 Tk) dan baterai lithium ion 48 volt. Mesin yang diusung oleh TVS Zeppelin diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 20 dk pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 18,5 Nm pada 7.000 rpm, dengan transmisi 5 percepatan. Motor ini setidaknya mampu melaju hingga 130 km per jam.

Pihak TVS mengklaim bahwa TVS Zeppelin mempunyai efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya, serta dilengkapi dengan assist regeneratif 1200 W dengan baterai Li-ion 48V, Integrated Starter Generator (ISG), yang mampu menambah torsi hingga 20% ketika dihidupkan. Motor ini juga dilengkapi sejumlah fitur canggih seperti Smart Bio Key, speedometer elektronik, konektivitas internet, dan kamera HD action yang terintegrasi dengan lampu depan untuk merekam perjalanan.

Di bagian kaki-kaki, TVS Zeppelin memakai suspensi depan upside down ukuran 41 mm. Sedangkan untuk sektor pengereman telah menggunakan 2 channel ABS dengan kaliper rem depan yang menggunakan radial mount. Ukuran cakram di bagian depan 300 mm dan belakang 240 mm. Sedangkan roda depan memiliki ukuran 17 inci dan 15 inci di bagian belakang. Motor konsep TVS Zeppelin ini mempunyai bobot sekitar 168 kg.

   
Penulis: