Usai Niken, Yamaha Bakal Bikin Motor Roda Tiga Lagi

 967 views

Jakarta – Setelah meraih kesuksesan lewat Niken, rupanya berencana untuk kembali menghadirkan roda tiga alias Leaning Multi Wheel (LMW). Positioning tersebut akan berada di antara Tricity dan Yamaha Niken yang telah dipamerkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2017 lalu. Bahkan kabarnya pihak Yamaha serius untuk menggarap segmen motor roda tiga.

Yamaha Roda Tiga – www.geeky-gadgets.com

Yoshihiro Hidaka, Presiden dan CEO Yamaha belum lama ini menuturkan jika LMW teranyar akan masuk dalam rencana jangka menengah dari Yamaha. “Perusahaan kami sedang mengerjakan berbagai inisiatif dengan tema dunia mobilitas global yang berkembang dalam rencana paruh waktu saat ini. Ini adalah jajaran dari LMW yang bersandar multi roda, mulai dari skutik hingga ,” kata Yoshihiro, seperti dilansir Naikmotor.

“Sejak peluncuran Tricity pada 2014 kami melanjutkan riset, dan di TMS tahun lalu kami telah menghadirkan Niken yang akan diluncurkan di pasaran tahun ini. Tidak hanya sebatas dua model ini kita akan memperluas basis pelanggan dengan LMW yang baru,” imbuh Yoshihiro.

Motor tersebut dibekali sasis MT-09 yang menggabungkan agresif naked bike dengan sepasang roda depan. Menariknya, kedua roda yang berada di bagian depan mampu bergerak secara independen dan tiap roda depan telah terpasang suspensi. “Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok,” bebernya.

Sebagai informasi, motor itu memiliki ukuran dimensi panjang 2.150 mm, lebar 885 mm, dan tinggi 1.250 mm. yang diusung adalah 3 silinder segaris, 4 tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Sejumlah majalah Jepang mengungkapkan jika motor roda tiga terbaru Yamaha kelak akan menyasar kelas tanggung antara 250-300 cc. Jadi kemungkinan akan menggunakan basis mesin YZF-R25 atau R3. Sementara itu media Inggris mengatakan bahwa hal itu sangat mungkin dilakukan, pasalnya dengan mesin 300 cc motor akan sangat legal digunakan pengemudi dengan kategori SIM A2 Eropa.

   
Penulis: