Usung Livery MotoGP, Tampilan Yamaha R125 Makin Sangar

 88 views

Sepeda-.info – Adik kandung R15, yakni R125, kini menerima sedikit penyegaran untuk pasar Eropa. bike full fairing tersebut mendapatkan Monster Energy mirip tunggangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Edisi khusus Yamaha R125 ini mulai unjuk gigi di seluruh dealer Yamaha Eropa pada bulan Mei 2019.

Yamaha R125 Livery Monster Energy MotoGP – www.gridoto.com

Dilansir dari Paultan.org, skema dari YZF-R125 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition ini sangat mirip dengan motor balap YZR-M1 dari Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang berlaga di MotoGP 2019. Monster Energy sendiri diketahui merupakan sponsor tim utama untuk MotoGP Yamaha setelah perusahaan telekomunikasi Spanyol, Movistar, menolak untuk memperbarui kontrak sponsor di musim ini.

Dengan livery yang baru, Yamaha R125 kini hadir dengan nuansa yang lebih gelap, macho, sekaligus lebih sangar. Memadukan warna hitam dan biru, aura gahar sangat terpancar dari warna hitam yang mendominasi , dikombinasikan dengan balutan logo Monster Energy di bagian fairing selaku sponsor.

Sementara, untuk ruang dapur pacu, Yamaha tidak melakukan rombakan pada sektor Yamaha R125. Kuda besi ini tetap dibekali dengan 4-stroke, SOHC, pendingin cairan, silinder tunggal, empat katup, VVA (variable valve actuation), berkapasitas 124,7cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 19 HP pada putaran 10.000 rpm dan meraih torsi puncak di angka 14,2 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Tenaga disalurkan melalui gearbox enam yang menggunakan kopling assist dan slipper, dan drive final rantai, sedangkan pengisian bahan bakar dilakukan dengan EFI. Garpu teleskopik terbalik, berdiameter 41 mm, digunakan di depan, sementara ujung belakang disangga dengan suspensi tipe monoshock yang dapat diatur preload.

Untuk meredam tenaga yang cukup besar, pabrikan sudah menanamkan rem cakram tunggal di roda depan dan roda belakang, masing-masing berdiameter 292 mm dan 220 mm, yang dijepit oleh kaliper hidrolik. Berat, siap untuk dikendarai, untuk Yamaha R125 adalah 142 kg dan tinggi jok adalah 825 mm, dengan bahan bakar yang dibawa dalam tangki sebanyak 11,5 liter.

   
Penulis: