Usung Turbocharged, Suzuki Hayabusa Terbaru Meluncur Tahun Depan?

 537 views

Sepeda-.info – Hayabusa merupakan salah satu motor buatan Suzuki yang sangat populer di dunia. Pasalnya, Hayabusa dikatakan sebagai motor paling cepat dan bertenaga di muka bumi. Nah, ketangguhan Suzuki Hayabusa mungkin bakal semakin bertambah karena asal Jepang dikabarkan telah mempersiapkan terbaru dari motor ini dengan yang telah disokong turbocharged.

Suzuki Hayabusa – auto.ndtv.com

Menurut laman CarandBike, pada tahun 2018 mendatang, Suzuki Hayabusa akan hadir dengan baru. Walaupun pihak perusahaan dikatakan tidak merombak tampilan desainnya dan kapasitas mesinnya, namun Hayabusa terbaru akan didukung dengan turbocharged yang diambil dari konsep Suzuki Recursion.

Meski demikian, tidak dijelaskan secara detail apakah Hayabusa akan mengusung mesin 585cc turbocharged milik Recursion atau justru 1.000cc dengan turbocharged. Laman Asphalt and Rubber hanya membeberkan bahwa Suzuki Hayabusa ini disiapkan untuk tahun 2019, tetapi diharapkan bisa meluncur pada pertengahan tahun depan.

Banyak yang berharap bahwa Hayabusa terbaru membawa mesin berkapasitas 1.000cc turbocharged dan bermain di kelas hyperbike. Seperti diketahui, saat ini sudah banyak pabrikan yang bermain di segmen tersebut dengan teknologi tinggi, dan Suzuki diharapkan juga dapat ikut berkompetisi. Jika ini menjadi kenyataan, maka Hayabusa teranyar bakal menjadi saingan ketat bagi Kawasaki Ninja H2R.

Sejak dirilis pertama kali sekitar 18 tahun yang lalu, Suzuki Hayabusa memang cukup lama tidak mendapatkan update yang signifikan dari pembuatnya. Meski masih diproduksi hingga detik ini, desain Hayabusa masih tetap terlihat jadul dan kurang canggih jika dibandingkan dengan superbike modern yang beredar saat ini.

Hayabusa tampil perdana di pasar global pada tahun 1999 silam. Ketika diperkenalkan, motor ini mampu mengalahkan rekor lama milik Honda CBR1100XX Super Blackbird sebagai produksi massal tercepat di dunia. Generasi pertama Hayabusa disebut GSX1300R dan digerakkan oleh mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.299cc berpendingin cairan/radiator. Konfigurasi mesin ini tidak berubah sampai model tahun 2007.

   
Penulis: