Vespa 400, Mobil Mini Imut Legendaris Buatan Piaggio

 8350 views

Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar kata “Vespa”? Pasti tak jauh-jauh dari skuter asal Piaggio yang memiliki membulat di samping belakang. Namun tahukah Anda, ternyata Vespa tak hanya identik dengan jenis skuter, melainkan juga sebuah kendaraan roda empat alias mobil.

vespa 400 – bright-cars.com

 

Vespa 400, demikian nama mobil dengan tampilan imut tersebut. Sama seperti Vespa skuter, Vespa 400 juga diproduksi oleh Piaggio. Rilis perdana pada tahun 1957, Monaco menjadi tempat debut mobil dengan bentuk mirip MINI Cooper ini.

Piaggio tak sendirian dalam menghadirkan mobil ini. Perusahaan asal Italia tersebut menggandeng ACMA (Ateliers de construction de motocycles et d’automobiles) dari Perancis, meski paten desain dan rangka tetap menjadi milik Piaggio.

Saat itu, visi Piaggio adalah menghadirkan mobil yang ditujukan untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah. Ketika itu, pabrikan berharap dapat membuat sebuah alat transportasi yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Dari sisi tampilan, desain micro-car ini cukup oke dengan mengusung tampilan sederhana, imut, dan berciri khas Vespa. Highlight utama mobil mini ini terletak pada bagian pintu yang mengusung suicide door. Badan pintu mobil ini terletak di tengah, jadi arah membuka pintunya di depan. Selain itu, Vespa 400 juga mengusung cabriolet atau mobil yang atapnya bisa dibuka.

Sementara untuk sektor jantung pacu, mobil ini mengusung mesin tipe 2-stroke, dua silinder, pendingin udara, berkapasitas 394cc. Dengan modal tersebut, Vespa 400 diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 18 HP atau 13 kW dan kecepatan maksimal hingga 90 km per jam, yang disalurkan melalui transmisi manual tiga percepatan.

Vespa 400 sendiri hadir dalam dua model, yaitu Lusso dan Turismo. Sempat terjual 12 ribu unit ketika pertama kali dirilis, penjualan mobil ini semakin surut di tahun-tahun berikutnya. Lalu, pada tahun 1961, usai memproduksi sekitar 34 ribu unit, Piaggio memutuskan menghentikan pembuatan Vespa 400 dan memilih berkonsentrasi ke sektor skuter. Berikut teknis Vespa 400.

Dimensi 2.850 x 1.270 x 1.270 mm
Berat 375 kg
Jarak Sumbu Roda 1.693 mm
Tipe Mesin 2-stroke, dua silinder, pendingin udara
Kapasitas Silinder 394cc
Diameter x Langkah 63 x 63 mm
Daya Maksimum 18 HP (13 kW)
Kecepatan Maksimum 90 km per jam
Sistem Transmisi Manual, 3-speed + mundur
Rem Drum 171 mm
   
Penulis: