Vespa Excel 150 dan 200, Skuter Kencang Bermesin Tangguh

 8931 views

Pada awal tahun 1990-an, tepatnya 1992, Piaggio selaku pembesut , pernah meluncurkan varian Excel di melalui PT DAN Indonesia selaku ATPM di Tanah Air. Dua varian Excel tersebut dibedakan sesuai mesinnya, yaitu 150cc dan 200cc. Berikut rincian dua tersebut.

galeri-.blogspot.com

 

Vespa Excel 150

Di awal kehadirannya, Vespa Excel 150 banyak digunakan oleh para orang tua yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, terutama guru. Skuter ini digunakan sebagai transportasi sehari-hari karena memiliki bodi yang sangat pas dengan tubuh, selain mudah dioperasikan.

Pada perkembangannya, banyak anak muda yang tertarik dengan Vespa Excel 150 ini. Salah satu penyebabnya adalah mesin yang tangguh serta memiliki yang tergolong kencang jika dibandingkan dengan varian Vespa kebanyakan.

Tampilan Vespa Excel 150 memang lebih modern dibanding saudara sesama Vespa. Bagaimana tidak, skuter ini sudah dibekali dengan fitur electric starter, jok yang sudah menyatu untuk kenyamanan pengendara, mini airscoope untuk menambah aerodinamis sewaktu dilajukan dengan kencang, serta mini windshield yang memberi kesan retro namun modern.

Di samping itu, mesin Vespa Excel 150 juga telah dibekali teknologi modern dibandingkan saudara tuanya, yaitu P150X Exclusive. Teknologi tersebut di antaranya terdapat tiga lubang transfer pada blok silinder, venturi dan lubang isap pada crankcase yang lebih besar, memiliki diameter piston lebih besar, dan pemakaian oli samping dan bahan bakar yang terpisah menjadi 2 bagian dalam satu tangki.

Untuk sektor jantung pacunya, Vespa Excel 150 menggendong mesin 2-stroke, berkapasitas 150cc, berpendingin udara. Skuter berbobot 116 kg ini diklaim mampu melaju hingga kecepatan maksimal 110 km/jam, dengan sistem transmisi manual 4 percepatan.

Vespa Excel 200

Skuter dengan kode produksi P200XE ini sering dianggap sebagai varian Vespa paling boros. Untuk jarak 35 km dalam kota, Vespa Excel 200 mampu menghabiskan satu liter bahan bakar. Sementara, untuk luar kota, satu liter bahan bakar bisa mencapai jarak 40 km.

Meski begitu, Vespa Excel 200 memiliki kecepatan yang mengagumkan. Pada posisi gear tiga saja, skuter dengan mesin berkapasitas 200cc ini mampu melaju hingga kecepatan 115 km/jam. Di samping itu, seperti saudaranya, skuter ini juga telah dibekali piranti modern, termasuk fitur electric starter, accu, dan karburator DellOrto 24/24E.

   
Penulis: