Vespa Tank, Skuter Modifikasi dengan Gaya Army Look

 4373 views

memang tidak ada habisnya. Tak cuma jenis moped atau , varian skuter pun tak luput dari “tangan-tangan jahil” pada . Dan, salah satu varian skuter yang kerap menjadi “lahan basah” adalah .

vespa tank – infosihh.blogspot.co.id

 

Skuter asal Italia ini memang menjadi objek empuk bagi para modifikator untuk menyalurkan hobi mereka. Dalam perkembangannya, ada beberapa macam jenis atau gaya modifikasi yang bisa diterapkan pada skuter bikinan Enrico Piaggio itu. Mulai Vespa Chopper mirip Harley Davidson, Vespa Low-rider atau biasa dikenal dengan Vespa ceper, Vespa yang ditujukan untuk balapan, hingga Rat Bike Vespa yang dikenal juga sebagai Vespa gembel.

Namun tak cuma itu, modifikasi Vespa juga telah merambah hingga taraf yang sangat ekstrem, yang kemudian melahirkan modifikasi Vespa Extreme. Sesuai namanya, atau aliran modifikasi Vespa Extreme menonjolkan unsur asah ide dan kreativitas. Dengan mengalami modifikasi secara ekstrem, tampang asli Vespa sudah tidak terlihat lagi.

Karena berubah menjadi bentuk yang benar-benar lain, Vespa Extreme bisa dikatakan merupakan modifikasi dari nol. Tidak ada aturan atau pakem yang benar-benar baku dalam jenis modifikasi skuter ini. Kondisi skuter yang dibangun sudah keluar dari kodrat Vespa yang bulat atau semok. Penambahan atau mungkin malah pembentukan ulang desain dari nol adalah konsep yang biasanya diusung para penikmat modifikasi ini.

Model output yang tampak dari Vespa Extreme bisa bermacam-macam. Salah satunya, ada modifikator yang mengubah kendaraannya menjadi mirip kendaraan militer (army) berupa tank lengkap dengan “senjata” bazooka.

Kebanyakan, modifikasi model ini menerapkan penggunaan sespan yang diletakkan di samping kiri bodi Vespa. Sespan tersebut didesain sedemikian rupa agar menyerupai bentuk tank, termasuk jumlah roda yang lebih banyak (biasanya tiga). Tak ketinggalan, untuk lebih mengentalkan aura militer, Vespa modifikasi tank biasanya dibalut dengan dominasi warna hijau army di sekujur tubuhnya.

untuk memodifikasi Vespa agar menyerupai tank memang tidak sedikit. Beberapa pemilik kendaraan Vespa tank mengaku butuh dana sekitar Rp5 jutaan hingga Rp8 jutaan untuk memodifikasi skuter miliknya, dan sudah termasuk aksesoris. Biasanya, model Vespa yang banyak dijadikan bahan untuk modifikasi tank adalah varian Vespa PS.

Namun apa pun gayanya, modifikasi Vespa (dan juga kendaraan lainnya) adalah soal seni, kreativitas, dan imajinasi yang sedikit banyak mencerminkan karakter modifikatornya. Dan, hal tersebut tentunya makin menambah semarak dunia otomotif roda dua di Tanah Air.

   
Penulis: