Viar Cross X 150, Motor Trail Gahar Produksi Lokal

 22089 views

Segmen motocross di pasar dalam negeri semakin ramai dengan kehadiran pabrikan lokal, . Pada kuartal awal 2015 lalu, resmi merilis Cross X 150 yang tampil dengan fresh dan modern. Kemudian, dilanjutkan dengan versi terbarunya, yaitu New Viar Cross X 150, yang membawa banyak perubahan, terutama dari sisi sasis, yang resmi dilepas pada bulan Juni 2015.

Lalu menjelang akhir tahun 2015, Viar kembali merilis terbaru ini dengan label Viar Cross X 150 SF. Penasaran seperti apa rupa dan -motor tersebut? Simak ulasannya.

New Viar Cross X 150

New Viar Cross X 150 mengusung sasis yang digunakan pada Cross X 200. Perubahan paling nyata terlihat pada bagian swingarm. Jika model lama menggunakan swingarm kotak, maka model terbaru ini mengusung swingarm yang lebih dinamis dan mantap, serta dengan ukuran lebih panjang sehingga memungkinkan pengguna lebih gampang mengganti ukuran ban, dari 16-19 inci menjadi 18-21 inci.

Selain itu, New Cross X 150 juga sudah menerapkan sistem Uni-Track pada bagian suspensi belakang. Sementara pada bagian belakang jok, terdapat behel besi mirip kepunyaan Cross X 200 SE. Pada bagian striping bodi juga menggunakan desain baru yang lebih trendi dengan empat pilihan warna, yaitu merah, hitam, putih, dan hijau. Adapun lampu rem dan sein sudah menerapkan teknologi LED.

Untuk bagian-bagian lain, relatif tidak ada perubahan berarti. Suspensi depan tetap menggunakan Upside Down, sedangkan sistem pengereman, baik sisi depan maupun belakang, menggunakan disc brake.

Untuk sektor dapur pacu, New Viar Cross X 150 dibekali berkapasitas 149,4cc, SOHC, 4-stroke, berpendingin udara. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 7,5 kW pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi maksimal mencapai 9,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm, dan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan.

Di wilayah Jabodetabek, New Cross X 150 dibanderol di kisaran Rp17 jutaan (on the road). Sementara di wilayah lain, New Cross X 150 pastinya berbeda, meskipun perbedaannya tak terlalu jauh.

Viar Cross X 150 SF

Selain special edition, Viar Cross X 150 juga hadir dalam versi SF. Bedanya, motor edisi ini menggunakan mesin tidur/bebek. Namun meski menggunakan mesin bebek, kapasitas mesin motor ini tembus hingga 150cc, serta sudah dilengkapi liquid-cooled.

Dengan kapasitas mesin tersebut, Viar Cross X 150 SF mampu menyemburkan tenaga hingga 8,2 kW pada putaran mesin 8.000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 10,2 Nm pada putaran mesin 7.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi manual 4 percepatan.

Yang menarik dari motor ini adalah panel speedometer yang dilengkapi fitur full digital. Motor yang sepertinya dikhususkan untuk pencinta off-road kategori pemula tersebut, dibanderol dengan harga sekitar Rp16 jutaan (on the road).

   
Penulis: