Victory Motorcycles Cross Country Tour, Motor Gede Penantang Harley

 3272 views

Jika menyebut , kita mungkin tak bisa lepas dari sosok Harley Davidson. asal Amerika Serikat tersebut memang sangat populer di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, banyak yang menyebut gede dengan sebutan Harley.

victory motorcycles cross country tour – www.motorcycle-usa.com

 

Namun, selain Harley Davidson, ada beberapa merek lain yang juga berkecimpung di pasar motor gede touring, salah satunya Victory Motorcycle. Sama seperti Harley Davidson, Victory Motorcycle juga berasal dari Negeri Paman Sam dan identik dengan motor berukuran besar.

Di Indonesia sendiri, Victory Motorcycle sudah beredar sejak tahun 2012. PT Arya Motor Indonesia selaku pemegang merek Victory Motorcycle mendeklarasikan kehadiran mereka di pasar Tanah Air pada 6 Juni 2012.

Kehadiran Victory Motorcycle di Indonesia memang tidak mudah karena harus bersaing langsung dengan Harley Davidson. Untuk itu, pabrikan ini pun merilis beberapa motor langsung ke Tanah Air, salah satunya Victory Motorcycle Cross Country Tour.

Cross Country Tour merupakan salah satu andalan merek Victory Motorcycles yang pertama kali diperkenalkan secara global pada tahun 2009 silam. Generasi terbaru motor ini didesain apik dengan garis-garis edgy pada fairing depan, tangki bahan bakar dengan bentuk cantik, serta porsi belakang yang tampak berotot untuk menyamai status kompetitor.

Di bagian depan, terdapat fairing besar dengan bentuk aerodinamis yang menjadi rumah bagi headlamp berukuran raksasa dan lampu sein yang terpasang di bagian samping. Sementara, fitur kaca transparan lebar dipasang untuk meningkatkan aerodinamika motor. Adapun di bagian samping, tampil knalpot berwarna krom, kantung tempat duduk, hingga sosok V-Twin.

Untuk sektor jantung pacu, Victory Motorcycles membekali Cross Country Tour dengan mesin V-Twin, SOHC, 4 katup per silinder,  berkapasitas 1.731cc, berpendingin udara/oli, fuel injection. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 85 HP dan torsi puncak menembus 134 Nm, serta kecepatan maksimal 172 km per jam.

Saat ini, Cross Country Tour hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, biru, dan abu-abu. Di pasar global, motor ini dibanderol dengan USD 22.999. Sementara di Indonesia, konsumen harus merogoh kocek Rp298 jutaan untuk bisa meminang motor besar ini. Berikut spesifikasi teknis Victory Motorcycle Cross Country Tour.

Jarak Sumbu Roda 1.670 mm
Tinggi Jok 667 mm
Jarak ke Tanah 148 mm
Berat 617 kg
Tangki Bahan Bakar 22 liter
Panjang Keseluruhan 2.747 mm
Suspensi Depan Teleskopik 130 mm
Suspensi Belakang Single shock 120 mm
Rem Depan Dual disc 300 mm, kaliper 4 piston, ABS
Rem Belakang Dual disc, kaliper 4 piston, ABS
Ban Depan 130/70R18 63H
Ban Belakang 180/60R16M/C 80H
Mesin V-Twin, SOHC, 4 katup per silinder
Kapasitas Silinder 1.731cc
Daya Maksimum 85 HP
Torsi Maksimum 134 Nm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
   
Penulis: