Yamaha E-Vino, Sepeda Listrik Retro Dilepas Rp24 Jutaan

 4636 views

Selain getol meluncurkan sepeda konvensional (berbahan bakar minyak atau bensin), juga kerap merilis sepeda yang dibekali tenaga . Dan, salah satu sepeda buatan produsen asal Jepang itu adalah E-Vino.

yamaha e-vino – www.motormobile.net

 

Sepeda listrik ini pertama kali dirilis pada Agustus 2015 lalu dan resmi dipasarkan sebulan kemudian. Secara tampilan, E-Vino mengusung dengan desain retro yang sekilas sangat mirip dengan matik Fino, yang juga dibuat oleh Yamaha.

Karena mengadopsi bentuk dan desain Fino, maka sepeda listrik ini juga dibekali dengan bagasi berkapasitas cukup luas, yaitu sekitar 10 liter. Di samping itu, pabrikan juga telah menyediakan tiga mode berkendara yang disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Jika pengendara ingin bersantai, bisa menggunakan mode , sedangkan jika ingin sedikit kecepatan, bisa menggantinya ke mode Power. Sementara, mode Boost digunakan ketika melewati jalur yang kurang mulus, termasuk tanjakan.

Untuk sektor jantung pacu, Yamaha membekali E-Vino dengan motor listrik arus DC. Sementara sumber tenaga, dipasok oleh baterai Lithium Ion berdaya 50 Volt. Dengan modal tersebut, skuter ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal 44 km per jam dengan jarak tempuh sekitar 33 km. Sementara untuk mengisi ulang baterai, dibutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat jam.

Kelebihan lainnya Yamaha E-Vino adalah bobotnya yang sangat ringan, yaitu hanya 66 kg. Dengan kondisi ini, akselerasi E-Vino memang sangat bisa diandalkan untuk menembus kemacetan jalanan perkotaan.

Di Jepang, Yamaha membanderol E-Vino di kisaran harga 219.000 yen atau setara Rp24 jutaan. Sayangnya, motor listrik ini hingga sekarang belum juga dijual untuk pasar Indonesia. Berikut spesifikasi teknis Yamaha E-Vino.

Dimensi (Panjang x Lebar x Tinggi) 1.675 mm x 670 mm x 1.030 mm
Jarak Sumbu Roda 116 cm
Berat 66 kg
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm dan Monoshock
Rem Depan Drum brake (Tromol)
Rem Belakang Drum brake (Tromol)
Jantung Pacu Motor listrik DC
Baterai Lithium Ion 50 Volt
Kecepatan Maksimal 44 km per jam
Daya Tahan Baterai 33 km
Harga 219.000 yen atau Rp24 jutaan
   
Penulis: