Yamaha Global Bakal Hadirkan Motor Retro XSR Terbaru, Bagaimana dengan Indonesia?

Jakarta – Sejumlah pabrikan ternama tampaknya menangkap peluang dan tren di pasaran yang kini kembali tertarik dengan motor-motor bergaya atau klasik. Simak saja seperti yang punya W175 atau yang baru saja merilis Super Cub 125. pun rupanya menyiapkan motor bergaya retro yang direncanakan mengisi lini Yamaha XSR, yaitu XSR250/300.

Yamaha XSR300 – Auto Wisata

Motor retro kelas menengah itu kabarnya disiapkan untuk menyaingi Honda CB300R yang siap dirilis tahun depan. Bahkan publik meyakini jika Yamaha XSR teranyar juga akan dirilis berbarengan tahun 2018. XSR300 diperkirakan rilis usai peluncuran All New YZF-R3 karena motor klasik ini kabarnya bakal menggunakan basis dari R3 baru.

Sayangnya masih belum ada kejelasan apakah motor retro itu akan menggunakan dari R3 atau memakai blok mesin sendiri. Apabila menggunakan basis dan konfigurasi yang sama, maka kemungkinan motor retro baru Yamaha mengusung mesin berkapasitas 321 cc dua silinder seperti R3. Saat ini sendiri Yamaha sebenarnya sudah mempunyai beberapa lini retro seperti XSR900 dan XSR700 yang telah ada sejak 2016 lalu.

Jika Yamaha global sudah ancang-ancang memproduksi motor klasik, apakah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing selaku agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air juga akan mengikuti langkah sang induk? Rupanya Manager Public Relation PT YIMM, Antonious Widiantoro menjelaskan jika pihaknya sampai sekarang masih belum berencana meluncurkan motor dengan model retro di Indonesia meskipun Yamaha global memiliki banyak model motor klasik seperti SR Series.

“Belum ada rencana, hingga saat ini Yamaha belum melihat model klasik menjadi motor yang sangat dibutuhkan konsumen. Namun bila permintaan pelanggan Yamaha tinggi tentunya kita siap,” ucap Anton di Yamaha Flagship Shop Jakarta, Jumat (7/9), seperti dilansir Sindonews.

Salah satu seri motor retro paling populer yang dimiliki oleh Yamaha adalah SR400 yang sudah diperbarui dengan tampilan old school. Motor ini menggunakan mesin 400 cc yang hingga kini menjadi salah satu motor sport klasik favorit para builder dan modifikator di seluruh dunia. Yamaha SR400 terbaru 2014 sendiri dijual dengan mulai USD 5.990 atau sekitar Rp 68 jutaan jika dikonversikan dalam rupiah.

   
Penulis: