Yamaha Grand Filano, Skuter Matik Premium Bergaya Retro Eropa

 8018 views

Pasar skuter matik Tanah Air semakin ramai dengan hadirnya Grand Filano pada ajang Jakarta Fair yang diadakan di Kemayoran pada 2015 lalu. Skuter buatan Yamaha ini mengusung desain bernuansa khas motor Eropa yang mampu mencuri perhatian publik otomotif Tanah Air.

Sebelum hadir di Indonesia, Grand Filano telah lebih dulu menyapa pencinta otomotif di pada 2014, dan terjual sekitar 22.000 unit. Di tahun yang sama, ini hadir di negara ASEAN lainnya, yaitu Vietnam, dengan nama Nozza Grande dan telah terjual 42.000 unit.

Sementara di Indonesia, Grand Filano dijual terbatas sekitar 350 unit saja. Skutik ini dijual di R-Shop yang ada di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar.

Sebagai skutik premium, Grand Filano tampil dengan gaya yang tampak pada desain lampu depan berbentuk segitiga dengan ketiga sisinya melengkung ke luar. Sementara, samping memiliki bentuk tabung setengah lingkaran yang berakhir dengan sudut lancip pada bagian buritan. Sisi belakangnya sendiri tampil dengan sentuhan futuristik lewat desain lampu berbentuk V yang berpadu dengan lampu sein berbentuk jajaran genjang.

Bagasi ekstra lega – grandprix.co.th

Selain tampil retro, Grand Filano juga tak mengesampingkan kenyamanan pengendara dengan menghadirkan posisi riding yang nyaman lewat jok yang lebar, serta pijakan kaki yang luas. Sementara, fitur fashionable melengkapi skutik ini, di antaranya lampu belakang LED, LED auxiliary light, halogen light 12V, serta speedometer komunikatif dengan indikator ECO.

Untuk sektor jantung pacunya, Grand Filano menggendong berkapasitas 125cc, air-cooled, 4-stroke, SOHC. Dengan bekal tersebut, skutik ini mampu memuntahkan daya hingga 8,2 hp pada putaran 6.500 rpm, serta torsi puncak menembus 9,7 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Di Indonesia, Grand Filano hadir dalam tiga warna, yaitu new white, black mat titan, dan vivid red metallic. Satu unit Grand Filano dibanderol dengan Rp28 jutaan.

Berikut lengkap Yamaha Grand Filano.

Dimensi 1.820 x 685 x 1.145 mm
Jarak sumbu roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Tinggi tempat duduk 790 mm
Berat isi 99 kg
tangki bensin 4,4 liter
mesin 125cc, air-cooled, 4-stoke, SOHC
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi 11:1
Daya maksimum 6,0 kW (8,2 HP) @ 6.500 rpm
Torsi maksimum 9,7 Nm @ 5.000 rpm
Sistem bahan bakar Fuel injection
Tipe transmisi V-belt Automatic
Tipe kopling Kering, Centrifugal Automatic
Sistem starter Electric & kick starter

 

   
Penulis: