Yamaha Indonesia Diam-Diam Daftarkan 2 Model Mio Terbaru?

Jakarta rupanya sedang menyiapkan kejutan khusus bagi para penggemar skuter matic di . Usut punya usut, PT Indonesia Manufacturing (YIMM) kabarnya sudah mendaftarkan 2 nama baru untuk segmen skutik. Menurut informasi dari situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Indonesia, ada nama Mio Gear dengan nomor permohonan DID2019044479 dan Mio Gravis dengan nomor D002018029512.

Yamaha Mio – ridertua.com

Sayangnya pihak PT YIMM masih belum memberikan konfirmasi apapun terkait kebenaran hal tersebut. Di samping itu juga belum ada gambar paten yang dimuat pada situs tersebut. Oleh sebab itu, tidak banyak informasi yang bisa digali terkait sosok Mio Gear dan Mio Gravis. Menurut sejumlah media, kedua model tersebut adalah generasi terbaru dari Yamaha Mio. “Tak menutup kemungkinan Yamaha Mio Gear dan Yamaha Mio Gravis ini adalah yang benar-benar baru, layaknya Yamaha FreeGo,” demikian seperti dilansir Otosia.

Masih belum diketahui apakah kedua model baru itu akan menggantikan sosok Yamaha Mio M3 atau hanya untuk melengkapi varian Mio yang sudah ada saja. Seperti diketahui, hingga kini sudah tersedia beberapa varian Yamaha Mio, mulai dari tipe S, Z, dan Soul. Seri yang terakhir dipasarkan pun sudah tidak lagi memakai embel-embel nama Mio.

Menurut isu yang beredar, pabrikan asal Jepang ini akan melakukan perubahan yang cukup signifikan pada seri Yamaha Mio supaya tampilan sepeda motor tersebut lebih modern dan sesuai dengan kebutuhan kaum milenial.

Terdapat beberapa fitur canggih yang diduga akan dibenamkan pada Mio terbaru, misalnya saja start stop dan keyless. Lalu untuk pencahayaan utamanya akan menggunakan LED yang diklaim lebih hemat energi tetapi mampu memberi pencahayaan yang cukup terang. Sayangnya Variable Valve Actuation (VVA) kemungkinan tak akan disematkan pada motor ini. Sebab Yamaha baru menggunakan VVA pada skuter matik yang memiliki kapasitas di atas 150 cc.

   
Penulis: