Yamaha Pastikan Motor XMAX Rilis di Indonesia Tahun Ini

 1189 views

Jakarta – PT Indonesia Manufacturing () sudah mulai memproduksi sepeda skutik gambot terbarunya, XMAX 300. Sayangnya baru tersebut akan terlebih dahulu diekspor ke Eropa. Untuk permulaan, XMAX 300 akan dipasarkan ke negara seperti Perancis, Turki, dan Italia. Kemudian diekspor ke Jepang, Taiwan, dan Australia.

Yamaha XMAX – otomotif.liputan6.com

Walaupun sementara itu XMAX difokuskan untuk ekspor, namun nantinya XMAX ternyata juga bakal dipasarkan di Tanah Air. Sayangnya pihak YIMM masih enggan membocorkan kapan pastinya XMAX dijual di Indonesia.

“XMAX pasti akan dipasarkan di Indonesia. Rencananya tahun ini juga, tapi di bulan apanya kami masih menunggu keputusan dari BoD (Board of Directors). Diusahakan (sebelum lebaran). Untuk di Eropa (rilis sebelum Juli,” ujar GM After Sales and Public Relation YIMM,M. Abidin di Jakarta, Rabu (19/4).

Yamaha Indonesia memang sengaja mendahulukan pasar ekspor lantaran mulai awal tahun 2017 ini pihaknya telah banyak merilis model baru seperti Aerox 155VVA, New Fino, All New R15, dan model-model lain yang bakal diluncurkan saat Indonesia International Motors Show (IIMS) 2017. “Akan ada gilirannya untuk XMAX. Kalau sekarang euforianya di pasar Indonesia masih Aerox dan R15,” tutur Abidin.

Meski sama-sama diproduksi dalam negeri, rupanya XMAX Eropa dan lokal nantinya akan mengalami sedikit perbedaan . Jika Eropa mengusung 300 cc dengan standar emisi Euro 4, di Indonesia nanti XMAX akan diproduksi dalam versi 250 cc supaya lebih terjangkau oleh Tanah Air.

“Sedangkan, XMAX 250 masih . Yang dijual di Eropa juga menggunakan mata kucing (komponen yang berfungsi memantulkan cahaya),” jelasnya. XMAX 300 tersedia dalam pilihan warna Quasar Bronze, Milky White, dan Matt Gray. “Dimensi enggak berbeda, pasar lokal tambah warna kuning,” imbuhnya.

Selain tanggal perilisan, Yamaha Indonesia juga masih merahasiakan soal harga XMAX 250. “Untuk indennya sudah kita tutup, kalau ditanya sudah berapa, berapa juga ludes. Untuk yang sudah terdaftar 400 unit,” tutup Abidin.

   
Penulis: