Yamaha RX King, Sang Raja Jalanan

 10092 views

RX King merupakan salah satu legendaris keluaran yang pernah merajai jalanan , terutama pada era 1980-an hingga awal 2000-an. Karena itu, tak heran jika usia RX King cukup lama, khususnya di pasar otomotif Indonesia, yaitu kurang lebih 25 tahun (1983-2008).

yamaha rx king – indo-modif.com

 

Dalam rentang waktu 25 tahun tersebut, RX King hadir dalam empat generasi. Generasi pertama disebut RX King Cobra. Kemudian, menyusul generasi kedua bernama RX King Master, lalu versi facelift yang merupakan generasi ketiga, dan generasi keempat bernama New RX King yang sekaligus menjadi pamungkas Yamaha RX King.

Generasi pertama disebut RX King Cobra merujuk pada tangki bahan bakar yang berbentuk melebar mirip leher ular cobra. Selain itu, RX King Cobra juga tampil dengan yang gagah dan berjiwa muda, yang dipertahankan hingga versi facelift. Generasi pertama ini diproduksi antara rentang 1983-1995.

Kemudian, antara tahun 1995 hingga awal 2000, generasi kedua motor jalanan ini resmi dirilis dengan nama RX King Master. Model ini telah menggunakan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System).

Memasuki milenium baru, pabrikan asal merilis versi facelift pertama RX King sekaligus menjadi generasi ketiga. Versi facelift ini mengusung bentuk lampu oval dan speedometer bulat, selain penambahan sistem rem cakram di sisi depan yang telah dilengkapi dengan kaliper 2 piston.

Lalu, pada akhir 2006, diluncurkan New RX King, generasi keempat motor ini. Karena 2-stroke dianggap sebagai penghasil polusi udara, maka pihak Yamaha membekali ini dengan catalytic converter pada saluran gas buang untuk mengurapi kepulan asap knalpot. Selain itu, New RX King juga telah mengusung model lampu depan berbentuk bulat.

Meski hadir dalam empat generasi yang berbeda, namun secara umum, semua Yamaha RX King mengusung mesin 2-tak, air-cooled, dengan kapasitas 132cc. Motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 18,5 ps pada putaran mesin 9.000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 1,54 kgf.m pada putaran 8.000 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi manual lima percepatan.

   
Penulis: