Yamaha Siap Rilis Skuter Listrik Bergaya Sporty EC-05, Seperti Apa Speknya?

 76 views

Tokyo – Saat ini tren otomotif sudah mulai banyak yang bergeser ke kendaraan bertenaga alias electric vehicle. Bukan hanya mobil, sejumlah produsen pun juga mulai menciptakan elektrik yang bertenaga tetapi tetap ramah lingkungan. Tak terkecuali dengan pabrikan asal Jepang, .

Yamaha EC-05 – autotekno.sindonews.com

Yamaha dikabarkan bakal memproduksi sepeda bernama Yamaha EC-05 yang kemudian mulai dipasarkan pada bulan Agustus mendatang. listrik tersebut kabarnya dilengkapi dengan teknologi baterai lithium ion. Sayangnya listrik tersebut baru akan diluncurkan di Taiwan.

“Model baru ini akan mirip dengan Yamaha EC05 yang telah mulai di jual pada bulan Juli 2019 dan menjadi skuter yang dipersenjatai tenaga listrik di pasar Taiwan,” demikian seperti dilansir Greatbiker melalui Autonesian.

Motor listrik Yamaha EC05 sendiri adalah hasil kolaborasi pengembangan motor listrik Yamaha dan Gogoro dari Taiwan. Oleh sebab itu, Yamaha EC05 akan mengambil tenaga dan sasis dari smart scooter Gogoro 2, sedangkan Yamaha berperan sebagai penanggung jawab seluruh eksterior motor listrik tersebut.

Tak heran bila kemudian yang diusung oleh Yamaha EC05 akan mendekati spek Gogoro 2 yang diklaim dapat melaju dengan kecepatan tertinggi mencapai 58-98 km per jam dan sanggup digunakan untuk menempuh jarak sekitar 100 km dalam sekali pengisian daya baterai dengan kondisi memakai 2 buah baterai li-ion.

Video teaser Yamaha EC05 sendiri sebenarnya telah disebarkan oleh Yamaha belum lama ini. Dari video tersebut tampak bahwa Yamaha EC-05 mengusung konsep skuter elektrik yang ringkas dengan gaya sporty khas Yamaha. Selain itu, skuter listrik ini juga memakai lampu proyektor LED dengan lampu proyektor ganda, lampu belakang juga sudah berteknologi LED yang menonjol.

Yang lebih menarik lagi, Yamaha EC05 juga menawarkan kemudahan dalam penggantian baterai kapan saja dan termasuk pengisian baterai secara terpisah agar dapat dibawa ke tempat-tempat stasiun pengisian listrik di Taiwan. Sayangnya sampai saat ini pihak Yamaha Indonesia mengaku masih belum berani menjual motor listrik tersebut karena minimnya ketersediaan fasilitas penunjang motor listrik di Tanah Air.

   
Penulis: