Tak Lolos Emisi, Yamaha Stop Produksi Enam Motor Mereka

 179 views

Sepeda-.info – Kabar buruk bagi penggemar sepeda motor . Pasalnya, perusahaan berlogo garpu tala tersebut dikabarkan tidak akan memproduksi lagi enam varian motor milik mereka karena masalah regulasi emisi. Keenam kuda besi yang harus masuk kotak adalah R3, Fazer 25, FZ25, Saluto RX, Saluto 125, dan SZ-RR V2.0. 

Yamaha Saluto 125 – (YouTube: The Bengal Rider)

Keenam sepeda motor tersebut dilaporkan tidak lulus regulasi baru yang sesuai dengan emisi BS6 di pasaran India. Selain itu, alasan lain perusahaan terpaksa menyuntik mati lantaran penjualan unit tidak sesuai dengan yang diharapkan. Keenam motor ini bahkan sudah tidak lagi dijual di pasaran Negeri Gangga terhitung pada bulan April 2020 ini.

Dari keenam varian sepeda motor tersebut, yang paling menyesakkan mungkin berhentinya Yamaha R3. Sebenarnya, secara tampilan, desain yang dibawa bike ini bisa dikatakan tidak terlalu buruk. Selain itu, pabrikan juga sudah menyematkan LED pada lampu utama, panel instrumen full , suspensi upside down di bagian depan, suspensi monoshock di sisi belakang, serta hydraulic dual disc brake untuk sektor pengereman.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, Yamaha R3 menggendong tipe 4-stroke, DOHC, pendingin cairan, inline twin-cylinder, 8 katup, berkapasitas 321cc, fuel injection. Dengan bekal tersebut, kuda besi ini dikatakan mampu meletupkan tenaga maksimal 42 PS pada putaran 10.750 rpm dan meraih torsi puncak di angka 29,6 Nm pada putaran 9.000 rpm. Di India, motor ini punya Rp76 jutaan.

Untuk Yamaha Saluto RX, ini adalah sepeda motor berkapasitas 110cc, yang dilepas dengan harga berkisar Rp11,3 jutaan, sedangkan tipe Yamaha Saluto 125 dijual dengan banderol Rp13 jutaan. Sementara, varian Yamaha SZ-RR V2.0 ditawarkan dengan harga Rp15 jutaan, banderol Yamaha FZ25 berkisar Rp29 juta, dan harga Yamaha Fazer 25 sekitar Rp31,5 jutaan.

Baca juga:   Kolaborasi Apik, Edisi Spesial Vespa 946 Christian Dior Bakal Masuk Indonesia
   
Penulis: