Mesin Lebih Gede, Yamaha TMAX Edisi 2020 Meluncur

Sepeda-.info – Menjelang gelaran EICMA 2019, meluncurkan dari skuter bongsor mereka, TMAX. Hadir sebagai model 2020, sepeda motor ini sudah menerima banyak pembaruan, mulai dari tampilan yang lebih segar, pengalaman berkendara yang ergonomis, hingga upgrade kapasitas dapur pacu.

Yamaha TMAX – www.riders-share.com

Dilansir dari Motorcycle.com, perubahan paling kentara adalah kapasitas mesin yang semula 530cc, sekarang menjadi 560cc. Perpindahan mesin dua silinder hadir berkat peningkatan bore menjadi 70 mm. Menurut pabrikan, mesin baru ini mampu meningkatkan daya maksimum hingga 3,5 persen dan torsi puncak mencapai 6 persen, sedangkan bobotnya hanya 1 persen lebih berat dari mesin sebelumnya.

Mesin baru ini juga sesuai dengan Euro5, berkat ruang bakar yang dibentuk kembali, katup intake 27 mm yang lebih besar, dan timing katup masuk dan buang yang direvisi. Yamaha juga memosisikan ulang injector bahan bakar 12 lubang ke bagian bawah saluran inlet, sehingga memungkinkan bahan bakar disemprotkan langsung ke bagian belakang katup intake untuk meningkatkan efisiensi pembakaran. 

TMAX terbaru menawarkan dua mode engine, yakni mode sportier untuk jalan terbuka dan mode urban yang menawarkan pengiriman daya yang lebih lembut. Yamaha juga mengubah CVT untuk memberikan padanan gearing yang lebih tinggi pada mesin daripada generasi sebelumnya. Perusahaan mengklaim ini menawarkan akselerasi yang lebih baik dan perasaan yang lebih halus saat dikendarai.

Seperti TMAX sebelumnya, mesin ini terpisah dari swing arm, mengadopsi lebih banyak sasis jenis sepeda motor daripada skuter, dengan mesin yang terintegrasi dengan swing arm. Hal ini memungkinkan Yamaha untuk menggunakan shock monocross di bagian belakang. Sementara, di depan, TMAX edisi 2020 menggunakan garpu terbalik 41 mm, sehingga tampak makin sporty.

Di bagian bagasi, skutik ini juga dipastikan memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar. Sejumlah modern pun sudah disematkan di motor ini, antara lain windshield electric, heated grip, cruise control, adjustable rear suspension, hingga koneksi My TMAX connect. Rencananya, Yamaha TMAX terbaru ini akan mulai dipasarkan pada Desember 2019.

   
Penulis: