Yamaha Xeon RC, Skuter Fashionable Dibanderol Rp15,75 Jutaan

Perkembangan segmen matik Tanah Air yang sangat menjanjikan memang membuat banyak pabrikan berlomba-lomba merilis motor canggih, tak terkecuali Yamaha. Setelah sukses dengan penjualan Mio, pabrikan asal itu pun merilis varian skuter matik lainnya yang diberi nama Yamaha Xeon RC.

yamaha xeon rc – indonesiautosblog.com

 

Skuter ini sedianya sudah dilempar ke pasaran pada tahun 2013 lalu. Namun, selang dua tahun kemudian, PT Yamaha Motor Manufacturing (YIMM) memutuskan melakukan penyegaran pada model Xeon RC dengan memberikan livery warna baru. Xeon RC sendiri merupakan unggulan untuk memberikan apresiasi pada kemenangan Tim Yamaha Factory di ajang MotoGP 2012 lalu. Karena itu, tertempel embel-embel RC, yang merupakan kependekan dari Champion.

Dengan pemberian livery baru (yaitu Storm Black, Velocity White, dan Lumire Blue), tampilan Xeon RC kini semakin sporty dan fashionable. Secara keseluruhan, desain bodi skuter ini sedikit berbeda dibandingkan motor sejenis dengan adanya lekukan pada sisi depan, samping, dan belakang. Sementara, jok dan pijakan kaki dibuat dengan ukuran lapang untuk meningkatkan kenyamanan pengendara.

Di bagian depan, Xeon RC membawa headlamp yang menyatu dengan lampu sein dengan bentuk meruncing. Sementara di bagian belakang, terdapat stop lamp yang juga menjadi satu dengan lampu sein dan memiliki bentuk yang terinspirasi dari bagian belakang pesawat jet sehingga membuat skutik ini tampil lebih futuristik.

Pada bagian bawah, Xeon RC memiliki kaki-kaki yang tergolong tangguh dan handal untuk jalanan perkotaan. Menggunakan rangka bertipe underbone yang dipadukan dengan suspensi teleskopik pada bagian depan serta jenis suspensi tunggal dengan unit swing arm, membuat handling skutik ini terasa luar biasa karena dapat bermanuver dengan lincah dan tangguh.

Beralih ke sektor jantung pacu, tertanam 4-stroke, SOHC, 2 Valve, silinder tunggal, liquid-cooled, berkapasitas 124,86cc. Dengan bekal tersebut, skuter ini diklaim mampu menyemburkan daya 8,4 kW pada putaran 9.000 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm pada putaran 6.500 rpm. Sementara, aplikasi YMJET-FI membuat Xeon RC tergolong irit bahan bakar. Berikut spesifikasi teknis Yamaha Xeon RC.

Dimensi 1.855 x 700 x 1.070 mm
Jarak As Roda 1.265 mm
Jarak ke Tanah 135 mm
Tinggi Jok 760 mm
Berat Isi 101 kg
Tangki Bahan Bakar 3,8 liter
Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing, Suspensi Tunggal
Ban Depan 70/90-14M/C 34P
Ban Belakang 90/80-14M/C 49P
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Tipe Mesin 4-stroke, 2 Valve, SOHC, liquid-cooled, silinder tunggal
Kapasitas Silinder 124,86cc
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Daya Maksimum 8,4 kW @ 9.000 rpm
Torsi Maksimum 10,4 Nm @ 6.500 rpm
Sistem Starter Electric dan Kick

Seperti dijelaskan sebelumnya, Yamaha Xeon RC terbaru kini hadir dalam tiga pilihan warna. Satu unit skuter matik tersebut ditawarkan dengan harga Rp15.750.000 (OTR Jakarta).

   
Penulis: