Yamaha XTZ 250 Lander Facelift Mengaspal, Tantang Honda CRF250

-.info – Pabrikan asal Jepang, Yamaha, baru-baru ini menghadirkan lawan sepadan untuk kompatriotnya, , di segmen motor penggaruk tanah. Perusahaan berlogo garpu tala tersebut meluncurkan facelift dari Yamaha XTZ 250 Lander, yang diharapkan bisa mengganggu eksistensi Honda CRF250 Rally.

Yamaha XTZ 250 Lander Facelift – www.liputan6.com

Sebenarnya, Yamaha sudah cukup lama tidak melakukan pembaruan pada XTZ 250 Lander. Nah, setelah 12 tahun lamanya, sepeda motor ini akhirnya menerima beberapa pembaruan untuk mengarungi medan off-road. Revisi dilakukan pabrikan pada sektor tangki bensin, dashboard, hingga lampu depan. Di samping itu, Yamaha tidak lupa menyematkan rem dengan tambahan anti-lock braking system alias ABS untuk menambah keamanan pengendara.

Meski demikian, di bagian jantung pacu, Yamaha tidak melakukan ubahan berarti pada tipe XTZ 250 Lander. Motor ini masih membawa mesin berkapasitas 249,5cc, silinder tunggal, pendingin udara, yang diklaim mampu meletupkan tenaga puncak di angka 20,9 HP dam meraih torsi maksimal 20,6 Nm. Walau tidak ada revisi, namun Yamaha mengatakan bahwa XTZ 250 Lander versi facelift ini akan lebih responsif ketika diajak melakukan akselerasi.

Terlahir sebagai varian dual-sport, Yamaha XTZ 250 Lander facelift dibekali kaki-kaki jenjang yang dihuni oleh suspensi depan model upside down dan monoshock swing arm di bagian belakang. Keduanya dipadu dengan ban dual-purpose Metzeler Tourance berukuran 80/90-21 di sisi depan dan ban belakang berukuran 120/80-18.

Masih mengandalkan transmisi manual lima percepatan, Yamaha XTZ 250 Lander diklaim mampu menempuh jarak 400 km ketika berjalan di kecepatan rata-rata 100 km per jam, berkat dukungan tangki bensin dengan kapasitas lebih besar. Menurut rencana bakal dijual secara massal pada awal tahun 2019, Yamaha XTZ 250 Lander dilepas di kisaran 17.000 real atau setara Rp63 jutaan di pasar Brazil.

Sayangnya, untuk pasar Tanah Air, pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) agaknya tidak berminat mendatangkan sepeda motor ini ke Indonesia. Di dalam negeri sendiri, PT YIMM sudah memiliki varian WR250R yang didatangkan dengan status CBU. Namun, motor tersebut lebih cenderung berada di segmen , layaknya KLX 250.

   
Penulis: