Yamaha YZF-R1 Model 2018 Meluncur, Ini Sederet Fitur Baru di Dalamnya

New Delhi – Untuk meramaikan sport, India meluncurkan varian motor Yamaha YZF-R1 tahun 2018. keren ini dijual dengan harga 2.073.074 rupee atau sekitar Rp 435 jutaan dalam rupiah. Motor teranyar ini hadir dalam 2 , yakni Yamaha Blue dan Tech Black, serta memperoleh sejumlah ubahan fitur, misalnya Quick Shift System dan Lift Control System (LIF). Seperti halnya yang ada di , R1 di India juga diimpor utuh (CBU) dari negara asalnya, Jepang.

Yamaha YZF-R1 – MOTO INTRODUCTION

Menurut Roy Kurian, Senior Vice President, Sales and Marketing, Yamaha Motor India Sales, Yamaha YZF-R1 model 2018 mengadopsi teknologi mesin dari Yamaha YZR-M1 dan mempunyai aerodinamika yang sama seperti motor kelas MotoGP. Kehadiran Yamaha YZF-R1 diharapkan bisa menarik minat kalangan anak muda yang menyukai sport bike.

“Model ini menyoroti peningkatan aerodinamika Yamaha yang berhubungan dengan atribut MotoGP, dan ini merupakan potensi langka yang tersedia di pasar saat ini. Yamaha berencana meningkatkan pangsa pasarnya di segmen supersports, karena YZF-R1 yang baru diharapkan bisa menarik konsumen muda,” jelas Kurian, Kamis (7/12), seperti dilansir Indianautosblog.

Yamaha YZF-R1 mengusung fitur-fitur canggih seperti Yamaha Ride Control (YRC) yang terdiri dari Power Mode, Traction Control System, Slide Control System, Launch Control System, Lift Control System dan Quick Shift System. Seluruh sistem tersebut bisa diatur sendiri dan disimpan lewat 4 preset.

Dari segi spesifikasi, Yamaha YZF-R1 masih menggunakan mesin yang sama seperti generasi sebelumnya dengan mesin 4 silinder, 4 katup berkapasitas 998 cc yang diklaim dapat menyemburkan tenaga hingga 200 PS pada 13.500 rpm dan torsi puncak 112,4 Nm pada 11.500 rpm. Pada bagian rangka, R1 generasi 2018 masih memakai rangka deltabox, dengan garpu depan upside down ukuran 43 mm dan monoshock belakang tipe link.

Pada sektor pengereman, R1 2018 memakai cakram depan dengan kaliper radial dan cakram belakang tunggal ukuran 220 mm. Walaupun ukuran tangki bahan bakarnya mencapai 17 liter, bobot motor sport ini rupanya hanya 200 kg.

   
Penulis: