Yamaha YZR-M1 2016, Kuda Besi Terbaru Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

 6280 views

Menyambut musim 2016, pada pertengahan Januari lalu, Tim Movistar resmi meluncurkan seri terbaru YZR-M1 yang akan digunakan untuk dua rider mereka, dan Jorge Lorenzo. Meski sekilas tidak ada perbedaan berarti dari versi sebelumnya, namun terdapat beberapa pembaruan untuk menyesuaikan regulasi baru yang ditetapkan FIM (Federasi Balap Motor Internasional).

Logo sponsor Movistar “M” masih tampak besar pada bodi motor. Satu-satunya perbedaan yang tampak adalah logo “Blue Core” yang menggantikan slogan “Semakin di Depan” pada cowling bagian depan dan perut motor. Namun, pergantian logo tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak seri Sachsenring, Jerman, Juli 2015 silam.

Sejalan dengan regulasi baru, Yamaha M1 2016 akan menggunakan ban untuk menggantikan ban milik Bridgestone. Ban depan dan belakang berukuran 17 inci, sedangkan rem motor ini menggunakan Brembo, yakini dua 320 mm atau 340 mm carbon front discs.

Dari sisi bobot, motor terbaru ini akan memiliki berat bersih 156 kg, turun 2 kg dibanding versi sebelumnya. Hal ini juga untuk menyesuaikan regulasi FIM, selain penggunaan electronic control unit (ECU) yang dipasok dari Magneti Marelli.

Pada sistem transmisi motor, Yamaha M1 mengusung speed cassette-type gearbox. Sebagai perbandingan, musim lalu pabrikan garputala tersebut menyematkan seamless shift gearbox secara penuh untuk Yamaha M1. Sementara untuk suspensi, menggunakan Ohlins upside down front forks dan Ohlins rear shock.

Beralih ke sektor dapur pacu, Yamaha YZR-M1 masih menggendong berkapasitas 1000cc, 4-silinder segaris (inline four-cylinder), dengan crossplane crankshaft, liquid-cooled. Motor ini diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga lebih dari 240 hp dan sanggup melesat lebih dari 330 km/jam. Sementara, sasis motor menggunakan aluminium twin tube delta box dengan multi-adjustable steering geometry.

Berikut Yamaha YZR-M1 2016.

Engine Type Liquid-cooled inline-Four with crossplane crankshaft
Displacement 1000cc
Max Power (claimed) Over 240hp
Transmission Six-speed cassette-type gearbox with alternative gear ratios available
ECU FIM-regulated Magneti Marelli
Chassis Aluminum twin-tube deltabox frame with multi-adjustable steering geometry and aluminum swingarm
Suspension Ohlins upside-down fork and rear shock, both with adjustable preload,compression and rebound damping
Front Brakes Twin 320mm or 340 mm carbon discs with four-piston calipers from Brembo
Rear Brakes Single stainless steel disc with twin-piston caliper from Brembo
Wheels 17-inch MFR forged magnesium wheels
Tires Michelin 17-inch tires in slick, intermediate and wet options
Weight 156 kgs
   
Penulis: