Zundapp Combinette Sport, Jagoan Cafe Racer Menakjubkan Era 1960-an

 1686 views

Zundapp, mungkin telinga Anda masih asing dengan yang satu ini. Zundapp merupakan brand asal Jerman yang telah berdiri sejak tahun 1917 silam. Dibangun oleh Dr. Fritz Neumeyer dan Friedruch Krupp AG di Nuremberg, nama pabrikan ini pun diambil dari nama singkat mereka.

Zundapp Combinette – openiso.org

 

Sepeda motor pertama Zundapp adalah Z22 yang diproduksi pada tahun 1922. Sebuah iklan yang muncul kala itu mengatakan bahwa motor ini merupakan sepeda motor bagi semua orang dengan desain yang sangat simpel dan dapat diandalkan serta diproduksi dalam berbagai seri.

Namun, sejarah kebesaran Zundapp sendiri baru dimulai pada tahun akhir tahun 1930-an atau ketika Perang II pecah. Saat itu, pabrikan ini memiliki motor yang sangat terkenal, yaitu K-Series. Zundapp memperkenalkan bak yang tertutup, sebuah model terbaru pada era itu. K yang merupakan singkatan dari Kardanantrieb, yakni driveshaft ditutupi dengan dua sendi universal, drivetrain.

K-Series sendiri mencakup model yang mengusung mesin 200cc hingga 800cc. Motor ini merupakan salah satu aset penting Zundapp karena mampu meningkatkan pendapatan di pasar Jerman menjadi 18 persen pada tahun 1937. Sejak tahun 1940, Zundapp telah memproduksi lebih dari 18.000 unit KS750, sebuah sespan yang digerakkan dengan sisi roda dan penguncian diferensial untuk Jerman Wehrmacht.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Zundapp masih memproduksi beberapa sepeda motor keren, salah satunya model Combinette Sport yang diluncurkan pada era tahun 1960-an. Combinette Sport merupakan motor bebek yang menakjubkan kala itu, meski kapasitas mesinnya hanya 49cc. Dengan mengusung desain ala cafe racer, motor ini telah dilengkapi dengan lampu depan bulat berdimensi agak besar, tangki bahan bakar membulat, serta jok model menyatu.

Di bagian jantung pacu, pabrikan Jerman membekali motor ini dengan mesin berkapasitas 49cc, 2-stroke, single cylinder, pendingin udara, karburator. Dengan bekal tersebut, Zundapp Combinette Sport disebut mampu mencapai kecepatan maksimal 40 km per jam melalui transmisi manual 3 percepatan. Berikut teknis Zundapp Combinette Sport.

Mesin 2-stroke, single cylinder, air-cooled
Kapasitas Mesin 49cc
Kecepatan Maksimum 40 km/jam
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi 3-speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Double Shock
Rem Depan Drum
Rem Belakang Drum
Pelek Spoke
Berat 71 kg
Kapasitas Bahan Bakar 7 L
Starter Kick
   
Penulis: