Akhirnya, Honda ST125 Dax Bakal Diluncurkan pada Maret 2022

 223 views

Sepeda-.info – Setelah dinanti-nantikan, Honda akhirnya akan segera memperkenalkan 125cc mereka, Honda ST125 Dax. Menurut kabar yang beredar, kuda besi tersebut akan diluncurkan pada gelaran Osaka/Tokyo Motorcycle Show 2022 yang bakal digelar pada pertengahan Maret 2022 mendatang.

Honda ST125 Dax – www.oto.com

Sebenarnya, Honda Dax bukan kuda besi anyar. Pasalnya, sepeda motor ini sempat meluncur pada tahun 1969 silam, tetapi hadir dengan mesin berkapasitas 50cc dan 72cc. Bertahan hampir dua dekade, penjualan Honda Dax dihentikan pada tahun 1983. Setelah itu, kuda besi ini tidak terdengar lagi hingga muncul rumor bahwa Honda akan membangkitkan kembali motor tersebut pada tahun 2021 kemarin.

Baca juga:   Honda Rilis CBF190X, Motor Adventure Entry-Level Penantang Versys 250

Versi asli Honda Dax mengusung yang unik dan menarik dengan rangka backbone baja. Nah, Honda Dax versi terbaru juga akan  memiliki bentuk rangka yang sama seperti generasi sebelumnya. baru tentunya mengusung kualitas yang lebih bagus sehingga para penggemar Dax era lama dijamin akan puas.

Posisi stang atau setir memang sengaja didesain agak tinggi supaya memberi kenyamanan posisi untuk pengendara. Kemudian, bagian suspensi depan memakai garpu upside down, sedangkan sektor pengereman menggunakan model cakram pada roda depan maupun belakang, tak ketinggalan anti-lock braking system () di roda depan.

Baca juga:   Dipajang di Instagram, Kawasaki Segera Rilis Ninja 250 4-silinder?

Motor imut yang disebut-sebut bakal diproduksi di ini menggendong mesin berkapasitas 125cc, sama seperti Honda Monkey. Jika memang mesinnya tidak mengalami ubahan yang berarti, maka Honda ST125 Dax diperkirakan dapat menghasilkan tenaga maksimal 9,6 HP pada putaran mesin 7.000 rpm dan mencapai puncak 11 Nm pada putaran 5.250 rpm.

Baca juga:   Moge Honda Gold Wing Siap Dirilis dengan Tampilan & Spesifikasi Baru

Honda Dax pertama kali diproduksi pada 1969 dengan dua kapasitas mesin , yaitu 50cc dan 70cc. Kemudian, kapasitas mesinnya membengkak menjadi 90cc agar lebih nyaman dipakai sehari-hari. Dengan ukuran bodi yang kompak, Dax cocok buat berkendara di dalam kota, terutama buat orang yang punya mobilitas tinggi, tetapi dengan jarak tempuh tidak terlalu jauh.

   
Penulis: