Usai Hadirkan PCX 160, Honda Juga Bakal Bikin Vario 160?

 222 views

Jakarta – Usai meluncurkan PCX 160, kabarnya akan menambah sepeda baru di segmen skuter 160 cc, yakni PCX 160. Bahkan produsen ternama asal Jepang itu disebut bakal meluncurkan Vario 160 tahun ini. Benarkah demikian?

Honda Vario – www.astra-honda.com

“Honda Vario 160 akan diluncurkan pada tahun 2021 ini. Honda Vario 160 itu bakal menggunakan baru berkapasitas 156,93 cc eSP+. Sama seperti PCX 160, akan ada penambahan klep menjadi 4 katup pada baru Honda Vario 160 itu,” demikian seperti dilansir Motosaigon melalui Detik.

Pemilihan Honda Vario sebagai anyar dikarenakan pangsa pasar Vario di sejumlah negara Asia dinilai cukup besar. Oleh sebab itu, pihak prinsipal memutuskan untuk mengambil model Vario untuk dikembangkan lebih lanjut. Kemungkinan, Honda Vario 160 juga akan dirombak dari segi serta disematkan sederet baru mirip PCX 160.

Berdasarkan rumor yang beredar, Honda Vario 160 dibekali mesin silinder tunggal berkubikasi 157 cc. Selain itu, disebutkan bahwa motor ini bisa menghasilkan tenaga hingga 14,7 tk. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai torsi yang dapat dihasilkan.

Akan tetapi, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengungkapkan bahwa mesin 160 cc tersebut sementara ini baru difokuskan untuk motor Honda PCX 160 guna mendukung desain dan posisi produk di antara para kompetitor.

“Kita melihat konsumen dari skuter matic premium dengan desain elegan, luxurious kita lihat memang ada kebutuhan mesin 160, sehingga kami memang menyematkan teknologi dari 160 4 katup, ESP+ di PCX 160. Kami fokus untuk menyematkan dulu teknologi di PCX, di mana memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen terkait dengan performa dan sebagainya,” jelas Thomas beberapa waktu lalu.

Walau demikian, Thomas menuturkan bahwa penambahan kapasitas mesin di model Vario atau ADV bukanlah hal yang mustahil. Artinya, bisa saja Honda memasang mesin berkapasitas 160 cc untuk model Vario dan ADV. “Tidak menutup kemungkinan kami akan ke tipe yang lain. Tapi kembali, sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen, apa yang kami pelajari dari riset konsumen kami,” ungkap Thomas.

Baca juga:   Kanzen Taurus, Moped Berdesain Inovatif
   
Penulis: