Kembaran Supra Fit, Honda Wave Alpha Edisi 2023 Resmi Meluncur

Sepeda-.info – Masih ingat dengan Supra Fit yang pernah menjadi andalan di segmen motor entry-level? Jika di Indonesia produksi sepeda motor tersebut sudah dihentikan, lain halnya di pasaran Vietnam. Mengusung nama Honda Wave Alpha 110, kuda besi tersebut masih tetap eksis dan bahkan baru saja menerima pembaruan untuk edisi 2023.

Honda Wave Alpha Edisi 2023 – mtv.vn

Seperti dilansir dari Greatbiker, Honda Wave Alpha 2023 terbilang sederhana, dan cukup klasik (dalam cara Wave lama). lampu depan, lampu sein, fairing kit, bodi, roda berjari kawat, rem, rem tromol (depan dan belakang) masih tetap seperti edisi sebelumnya dan sangat mirip Honda Supra Fit keluaran 2005. layar indikator speedometer juga masih memakai analog, walau tampak lebih futuristik.

Baca juga:   Harga Sepeda Motor Sport ‘Minerva’ Terbaru - Semua Tipe

Namun, jika dilihat lebih detail, ada sejumlah perbedaan dengan Supra Fit yang dirilis di dalam negeri. Footpeg pembonceng saat ini menggunakan gantung, knalpot memakai cover chrome yang lebih jengat (versi Supra Fit cenderung datar), dan tentu saja ada beberapa tambahan fitur yang ditingkatkan, termasuk kunci kontak yang sudah menggunakan pengaman magnet.

Baca juga:   Harley Davidson Sportster S Teranyar Mengaspal, Desain Lebih Kekar & Sangar

Sementara itu, untuk urusan jantung pacu, pabrikan berlogo sayap mengepak membekali Wave Alpha edisi 2023 dengan silinder tunggal, pendingin udara, berkapasitas 109cc. Dengan modal tersebut, sepeda motor ini dikatakan dapat menyemburkan tenaga maksimal 8,2 HP pada putaran 7.500 rpm dan meraih torsi puncak di angka 8,4 Nm pada putaran 5.500 rpm, seperti generasi sebelumnya.

Termasuk dalam jajaran moped entry-level, Honda Vietnam melepas Wave Alpha edisi 2023 dengan harga yang sangat terjangkau. Kuda besi tersebut ditawarkan dengan harga mulai 17.859.273 dong atau sekitar Rp11,4 jutaan saja per unit. Saat ini, Honda Wave Alpha edisi 2023 tersedia dalam tiga pilihan standar, yakni merah, putih, dan biru, ditambah spesial hitam doff dengan harga sedikit lebih mahal.

Baca juga:   Harga Mulai Rp31 Jutaan, Motor Jawa Reborn di India

Selain di Vietnam, Honda Wave juga ditawarkan di pasaran Kamboja. Pada Oktober 2021 lalu, sepeda motor ini baru saja menerima sejumlah pembaruan dan dilepas dengan harga mulai Rp18,5 jutaan per unit. Namun, ada juga dealer di Kamboja yang menawarkan sepeda motor tersebut dengan harga Rp19,4 jutaan per unit, lebih mahal daripada Honda BeAT di pasaran dalam negeri.

   
Penulis: