Suzuki Rilis Motor Skutik Baru dengan Desain Unik, SUI 125

 492 views

Jakarta – Pabrikan asal Jepang, merilis sepeda baru dari segmen skuter matic bernama SUI 125 di Taiwan. Motor tersebut konsepnya bergaya retro dan bakal bersaing dengan Fazzio atau Scoopy.

Suzuki SUI 125 – (www.motobuy.com.tw)

“Suzuki memang punya berbagai dengan desain yang unik. Misal ada Saluto yang bergaya klasik ala skuter Italia dan baru-baru ini Suzuki merilis SUI 125 yang harganya cukup mahal, yakni 56.700 yuan, setara Rp120 jutaan,” seperti dilansir dari Kompas.

SUI 125 sendiri adalah singkatan dari Suzuki Urban Icon. skutik terbaru Suzuki SUI 125 terinspirasi oleh desain kei car di Jepang yang mungil dan mengotak. Motor ini disebut-sebut cocok dijadikan kendaraan untuk perkotaan yang praktis dan ekonomis.

Jika dilihat dari tampilannya, Suzuki SUI 125 didominasi dengan ornamen berbentuk kotak. Misalnya bagian headlamp, lalu lampu sein depan yang di tengahnya ada bentuk seperti grille, sehingga terlihat makin mirip dengan mobil. Di sisi samping, desainnya mengotak, namun kelihatan tidak begitu lebar, jadi tetap nyaman untuk penumpang ketika duduk. Demikian pula di bagian belakang, desainnya mengotak, lampu kombinasi belakang menyatu.

Untuk urusan kepraktisan, Suzuki SUI 125 ditunjang dengan kompartemen di bagian depan dan bagasi yang lega. Bagasi lega ini disebabkan oleh posisi tutup tangki BBM yang ada di bagian depan, sehingga bagasinya dapat digunakan untuk menampung helm.

Meski terlihat kompak, posisi berkendara Suzuki SUI 125 diklaim nyaman karena dibekali jok yang tebal. Ketinggian bangkunya juga hanya 750 mm, ditambah ruang kaki yang cukup besar, sehingga cocok dipakai untuk berkendara sehari-hari.

Dari sektor dapur pacu, motor Suzuki SUI 125 dipersenjatai dengan SEP (Suzuki Eco Performance) 124 cc, 4 tak berpendingin udara, yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 8,7 TK pada 7.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 6.000 rpm. itu diklaim hemat BBM dan memiliki performa baik.

Walau gayanya klasik, Suzuki SUI 125 masih dipasangi beberapa modern seperti lampu depan LED hingga pengereman yang memakai rem cakram. Sayangnya, kunci motor ini masih konvensional. Kemudian, tampilan speedometernya juga dibuat analog.

Skutik yang menyasar pasar entry level di Taiwan ini dihadirkan dalam 5 pilihan , yakni Sherbet Blue, Parmesan White, Sea Salt Grey, Gooseberry Black, dan Fondant Orange, dengan jual per unit 56.700 dolar Taiwan atau sekitar Rp28 jutaan.

Baca juga:   Lohmann Motor, Sepeda Bermesin Diesel Pertama di Dunia
   
Penulis: