Yamaha & Honda Kolaborasi Produksi Skuter Listrik 50 cc

 6130 views

Tokyo – Demi menepis isu persaingan ketat, dua pabrikan ternama, Honda dan Yamaha akan berkolaborasi untuk memproduksi . Kerjasama antara keduanya akan menelurkan skuter berkapasitas mesin kecil, yaitu hanya 50 cc saja atau sepeda motor dengan daya . Motor yang diproduksi khusus pasar Jepang ini kabarnya akan mulai direalisasikan sebelum tahun 2018.

Honda Benly [foto:motor1.com]

“Perlambatan pasar skuter di Jepang yang terjadi beberapa tahun belakang, menjadikan bisnis di sektor ini semakin sulit bagi kedua . Sehingga kerjasama menjadi jalan menguntungkan,” ujar Chief Operating Officer Honda Motor Corporation, Shinji Aoyama, Kamis (6/10).

Baca juga:   Ducati 999, Superbike Kontroversial dengan Kinerja Sensasional

Dari kerjasama tersebut telah ada 3 kesepakatan yang telah diputuskan oleh kedua belah pihak. Pertama, Honda akan memasok skutik berkapasitas 50cc sebagai produk original equipment manufacturer (OEM) pada Yamaha sebelum 2018. Skutik yang disuplau merupakan Honda Giorno dan Honda Tact. Keduanya akan dilepas dengan nama baru, yakni Yamaha Vino dan Yamaha Jog.

Honda Giorno

Dari hasil pengembangan mesin Giorno dan Tact, Honda dan Yamaha akan berkolaborasi menciptakan 1 skuter 50 cc yang baru dengan mengusung nama Honda Benly dan Yamaha mengusung nama Yamaha Gear.

Baca juga:   Honda CBR150R Tampil dengan Warna Baru, Harganya?

Ketiga, Honda dan Yamaha juga akan bekerjasama meningkatkan produksi skuter listrik di Jepang. Mereka akan memproduksi skuter listrik baru golongan class-1 yang fokus pada efisiensi listrik, jarak tempuh, durasi pengisian daya, kinerja, dan ongkos produksi. Mereka juga membuka kesempatan bagi pabrikan lain yang ingin turut bekerjasama menciptakan motor ramah lingkungan di Jepang.

Honda Tact [foto:motor1.com]

“Kami percaya kolaborasi yang akan dimulai dengan aliansi OEM, tak hanya akan melampaui ekspektasi soal produk, tapi juga mengukir budaya sepeda motor masa depan di Jepang,” ujar Katsuaki Watanabe, Managing Executive Officer and Director, Yamaha Motor Co., Ltd.

Baca juga:   Vespa Super Sport 180 (Vespa 180 SS), Skuter Klasik yang Kurang Laris di Pasaran
   
Penulis: