Yamaha WR450F Edisi 2024 Diluncurkan, Lebih Ringan dan Lebih Cepat

Sepeda-.info – Pada akhir pekan kemarin, WR450F year 2024 resmi diperkenalkan untuk pasaran global. enduro ini secara garis besar memang memiliki elemen yang sama dengan motocross YZ450F Team Blue saat ini, tetapi tetap mempertahankan karakter sendiri yang dirancang untuk memberikan apa yang diinginkan pengendara enduro.

Yamaha WR450F – (www.pinterest.jp)

Seperti dilansir dari Ride Apart, kuda besi trail tersebut didukung yang sama dengan YZ450F. Meski demikian, banyak internal baru, mulai dari katup masuk 39 milimeter hingga piston, batang penghubung, dan bantalan baru. Perhatian khusus diberikan untuk mengoptimalkan bobot ringan dan kekuatan, sehingga menghasilkan bobot yang lebih ringan 2,4 pon dibandingkan sebelumnya. Yamaha juga menambahkan unit kontrol (ECU) untuk menawarkan kemampuan traksi pada kecepatan rendah dan tenaga tinggi pada kecepatan sedang hingga cepat.

Selain mesin baru, WR450F edisi 2024 juga mendapat kopling yang lebih anyar dan kompak. Menurut Team Blue, komponen ini telah dioptimalkan dengan tujuan memberikan kesan pengoperasian yang lebih ringan, serta menawarkan titik keterlibatan yang lebih positif. Ini adalah hal-hal yang terdengar hebat di atas kertas, tetapi ujian sebenarnya selalu terletak pada bagaimana perasaan pengendara ketika mereka melakukan kesalahan.

Pabrikan juga berupaya menurunkan pusat gravitasi pada WR450F 2024, dengan menggerakkan sambungan pipa kepala pada rangka lebih rendah 15 mm. Hal ini, pada gilirannya, menempatkan rel rangka dan pipa penegang lebih rendah, sehingga membantu penanganan. Karakteristik kekakuan dan kelenturan dipertimbangkan dan diterapkan dengan cermat dalam merancang sasis, sedangkan tangki bahan bakar yang ringkas serta knalpot yang lebih pendek membantu dalam upaya memusatkan massa yang tampaknya tiada akhir.

terkini lainnya mencakup sistem manajemen aliran udara baru pada bodywork, sehingga menghasilkan selubung yang lebih sempit 50 mm, jok yang lebih datar dengan tepi yang lebih membulat untuk memudahkan pergerakan pengendara, plat selip baru, switchgear baru di kontrol sebelah kiri, panel multifungsi baru, spatbor belakang baru, dan segel garpu yang didesain ulang dan lebih tahan lama.

Untuk pasaran AS, Yamaha dikabarkan bakal mulai meluncurkan WR450F 2024 ke dealer pada November 2023. Sepeda motor tersebut akan ditawarkan dengan mulai 10.199 dolar AS atau setara Rp156 jutaan, tetapi hanya tersedia dalam satu Team Yamaha Blue. Untuk menemani model ini, pabrikan juga menghadirkan kembali WR250F edisi 2024, tetapi tanpa perubahan signifikan.

Baca juga:   Spesifikasi Ducati Monster 1100, Monster Berotot dan ‘Ringan’
   
Penulis: