Ducati Diavel Carbon, Moge Ganas dan Beringas

 2390 views

motor sport, , memang tidak ada henti-hentinya menciptakan -produk baru yang inovatif yang mampu menggairahkan pasaran motor sport dunia, salah satunya model Diavel Carbon. Jika melihat penampilannya yang gagah dengan otot-otot merah yang begitu kentara untuk mempertegas dominasi hitam pada material fairing, motor ini bisa dikatakan termasuk kategori (moge) yang penampilannya menggunakan tipe half fairing.

Ducati Diavel Carbon – pcwallart.com

 

Ducati Diavel Carbon sendiri merupakan sub- dari model Diavel. Penyematan “carbon” di belakang nama motor ini mengindikasikan bahwa Ducati sengaja mengemas penampilan Diavel Carbon dengan material full-carbon fiber. Penggunaan material fiber dari karbon ini membuat bobot motor tersebut menjadi lebih ringan dibandingkan model standar.

Menampilkan deretan frame-frame yang begitu mencolok, tentunya penggemar tidak perlu lagi meragukan kualitas tiap material dari frame Diavel Carbon. Justru sebaliknya, dengan menempatkan suspensi terbaik model upside-down di bagian depan serta swing arm di bagian belakang, membuat Diavel Carbon semakin nyaman dikendarai tanpa khawatir adanya pergesekan yang bisa merugikan komponen-komponen motor.

Beberapa menarik yang tersemat pada motor ini di antaranya adalah headlamp yang telah mengusung teknologi LED untuk pencahayaan yang lebih terang dan menyorot ke depan, electronic mode riding yang terdiri dari tiga mode, yaitu Sport, Urban, dan Touring, hingga hands-free ignition, yaitu suatu perangkat kunci elektronik canggih yang mampu mematikan atau menyalakan motor dalam jarak maksimal 2 meter.

Di samping itu, pabrikan asal Italia juga tidak lupa menempatkan fitur andalannya, yaitu Ducati Traction Control (DTC), yang memiliki fungsi sebagai filter tangan pengendara dengan belakang. Perangkat ini akan mendeteksi serta sebagai pengontrol putaran roda belakang motor dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan pengendara.

Di sektor jantung pacu, perusahaan asal Negeri Pizza membekali Diavel Carbon dengan Testastretta 11 derajat L-Twin, 4 Desmodromically actuated valves per cylinder, liquid-cooled, berkapasitas 1.198,4cc. Dengan modal tersebut, motor ini mampu meletupkan tenaga maksimal 119 kW atau 162 HP pada putaran 9.250 rpm dan torsi puncak menembus angka 130,5 Nm pada putaran 8.000 rpm.

Saat ini, Ducati menghadirkan Diavel Carbon dalam satu pilihan warna, yaitu kombinasi Asphalt Grey dan Matt Carbon. Ketika pertama kali dipamerkan ke Indonesia pada tahun 2015 lalu, motor ini dilepas dengan Rp470 jutaan. Sementara, di pasar Amerika Utara, konsumen perlu merogoh kocek USD 22.375 untuk bisa meminang motor tersebut. Berikut spesifikasi teknis Ducati Diavel Carbon.

Tipe Mesin Testastretta L-Twin, 4 Desmodromically actuated valves per cylinder
Kapasitas Mesin 1.198cc
Diameter x Langkah 106 x 67,9 mm
Daya Maksimum 119 kW @ 9.250 rpm
Torsi Maksimum 130,5 Nm @ 8.000 rpm
Sistem Pendinginan Liquid-cooled
Sistem Bahan Bakar Fuel injection
Transmisi 6-speed
Rangka Tubular steel trellis
Suspensi Depan Upside-down 50 mm
Suspensi Belakang Single-sided swing arm
Ban Depan 120/70-ZR17
Ban Belakang 240/45-ZR17
Rem Depan 2 x 320 mm semi-floating disc, 4-piston, ABS
Rem Belakang 265 mm disc, 2-piston, ABS
Berat Kosong 205 kg
Tinggi Jok 770 mm
Jarak Sumbu Roda 1.580 mm
Kapasitas Bahan Bakar 17 L
   
Penulis: