Maret 2018, Generasi Terbaru Suzuki Hayabusa Meluncur

 456 views

Sepeda-.info – Hayabusa disebut-sebut sebagai salah satu tercepat di muka bumi yang pernah diproduksi secara massal. Nah, pada tahun 2018 ini, pabrikan yang berbasis di Jepang tersebut dikabarkan akan merilis Hayabusa pada bulan Maret mendatang di Negeri Sungai Gangga, India.

2018 Suzuki Hayabusa – ronayersmotorcycles.com

Menurut beberapa media lokal, Suzuki akan memperkenalkan Hayabusa versi 2018 dalam ajang Auto Expo 2018 yang berlangsung Maret mendatang di New Delhi. Menurut bocoran, pabrikan bakal menghadirkan Hayabusa dalam dua skema baru, yaitu Glass Sparkle Black dan Pearl Mira Red/Pearl Glacier White.

Sebelumnya, pada bulan Maret 2016 kemarin, Suzuki Motorcycle India Private Limited (SIMPL) memang telah melakukan penjualan Hayabusa GSX 1300R di pasar lokal dalam bentuk CKD (completely knock down) dan dirakit di pabrik mereka di Gurgaon. Kala itu, perusahaan melihat pertumbuhan yang luar biasa dalam rangkaian penjualan unit ini yang diklaim meningkat hingga 100 persen.

Nah, pada model terbaru ini, selain warna anyar, New Hayabusa juga akan dilengkapi dengan cover jok yang memiliki desain ala hornet motor café racer. Kuda besi yang pernah menyandang gelar sebagai kendaraan roda dua paling cepat di dunia tersebut akan dipasarkan di India dengan harga 13,87 lakh atau sekitar Rp291 jutaan.

Meski mengusung warna baru, namun sektor masih tetap membawa spesifikasi yang sama seperti generasi sebelumnya. Motor ini tetap menggendong 4-stroke, DOHC, 4 silinder segaris, pendingin cairan, berkapasitas 1.340cc, dan bahan bakar injeksi. Dengan modal tersebut, Hayabusa diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 199,7 HP dan menggapai torsi puncak di angka 155 Nm.

Selain merupakan salah satu motor tercepat, Hayabusa juga memiliki kapasitas bahan bakar cukup besar, yaitu 21 liter. Untuk sistem pengereman, kendaraan ini mengandalkan rem cakram berdiameter 310 mm dipadu kaliper Brembo di roda depan, serta rem cakram berdiameter 260 mm yang dipasang di roda bagian belakang.

   
Penulis: