Modenas Karisma 125, Skuter Matik Paling Populer di Malaysia

 2398 views

Selain Indonesia, Malaysia merupakan salah satu pasar otomotif roda dua terbesar di kawasan Asia Tenggara. Karena itu, tak heran jika di negeri jiran tersebut juga bertabur banyak , salah satunya matik Karisma 125.

modenas karisma 125 – moto.zombdrive.com

 

Skuter matik ini merupakan buatan pabrikan Modenas yang dirilis pada tahun 2011. Modenas atau Motosikal dan Enjin Nasional sendiri adalah perusahaan otomotif nasional yang berbasis di Gurun Kedah, Malaysia. Sebagian besar saham Modenas dimiliki oleh , Nissho Iwai, Khazanah Holdings Berhad, dan DRV-Hicom Berhad.

Kembali ke Karisma 125, skuter matik ini dihadirkan sebagai respon makin berkembangnya pasar skuter matik di Malaysia. Karena saat itu Kawasaki belum merilis skuter , Modenas pun menggandeng sebuah perusahaan asal Taiwan untuk memproduksi Karisma 125. Meski demikian, Modenas perlu melakukan pembaruan sendiri pada Karisma 125 karena buatan Taiwan dikenal memiliki kualitas yang rendah.

Secara tampilan, Karisma 125 memilki dimensi yang tergolong kecil untuk ukuran skuter matik. Sekilas, skuter matik ini mirip dengan sepeda listrik yang banyak beredar di Indonesia, dengan desain membulat pada bodi samping serta pijakan kaki yang tidak terlalu lebar.

Meski begitu, skuter matik ini telah dibekali dengan spesifikasi mumpuni, termasuk suspensi model teleskopik di bagian depan dan suspensi swing arm single shock di belakang. Adapun roda depan, telah mengusung rem model cakram, dan roda belakang menggendong rem model tromol.

Beralih ke sektor jantung pacu, Modenas membekali Karisma 125 dengan 4-stroke, SOHC, single cylinder, pendingin udara, berkapasitas 124,9cc. Dengan modal tersebut, skuter matik ini diklaim mampu meletupkan tenaga hingga 6,8 kW pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 9,3 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Meski model awalnya sempat mengalami masalah pengendalian, namun dengan beberapa revisi, Karisma 125 menjadi skuter matik paling populer di Malaysia. Hadir dalam tiga varian , hijau, merah, dan biru muda, satu unit skuter matik ini dibanderol mulai RM 4.743,38. Berikut spesifikasi teknis Modenas Karisma 125.

Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, single cylinder, pendingin udara
Kapasitas Silinder 124,9cc
Diameter x Langkah 51,5 x 60 mm
Karburator Keihin CVK24
Daya Maksimum 6,8 kW @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 7.500 rpm
Sistem Pengapian CDI
Sistem Starter Electric dan Kick
Transmisi CVT
Tipe Rangka Pipa Baja
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing, Single Shock
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake
   
Penulis: