Ninja H2R, Motor Balap Berharga Rp1 Miliar

 3141 views

Pada Desember 2014 lalu, Kawasaki resmi meluncurkan unit motor sport balap 1.000cc mereka, yaitu Ninja H2R. Motor sport ini sebelumnya diperkenalkan kepada publik dalam ajang EICMA, di Milan, pada November 2014.

Sekilas, Ninja H2R tampak mirip dengan Ninja H2, yang dipamerkan bersamaan. Namun, jika Ninja H2 berkonsep jalan raya, maka Ninja H2R lebih cocok dikendarai di race track ( atau lintasan balap). Karena itulah, motor ini tidak memiliki lampu, tidak memiliki kaca spion, serta menggunakan ban khusus balap yang jauh berbeda dengan Ninja H2.

Kawasaki Ninja H2R

Desain Ninja H2R dikerjakan oleh Kawasaki Heavy Industri (KHI) yang mengandalkan aerodinamis berteknologi modern dan canggih. aerodinamis tersebut berupa sayap bagian atas depan dan samping yang akan berfungsi pada tertentu. Sementara, rangka yang digunakan adalah trellis, yang menghasilkan stabilitas tinggi pada saat motor dipacu dengan kecepatan tinggi.

Beralih ke fairing, Ninja H2R menggunakan desain berbahan dasar serat karbon yang memiliki cat berwarna silver gelap mengilap dengan sudut tajam pada sisi depan dan belakang. Ninja H2R juga hanya mengusung dua buah Intake Air System (lubang angin) pada sisi depan, khas motor balap. Sementara sisi belakang, memiliki stoplamp dan sepatbor menggantung berdesain meruncing dengan sistem aerodinamis tambahan.

Untuk dimensinya, Ninja H2R memiliki ukuran 1.070 x 770 x 1.160 mm, dengan berat 216 kg. Dengan dimensi yang lebih ringan dibanding Ninja H2, motor sport ini akan lebih cepat meraih top speed di lintasan balap, serta memiliki kestabilan yang baik. Ukuran tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter juga dirasa cukup untuk mengitari puluhan lap pada sirkuit tertentu.

Layaknya motor balap, Ninja H2R juga dibekali mesin yang mumpuni. Motor ini menggendong mesin berkapasitas 998cc, 4-stroke, DOHC, 16 Valve dengan 4 buah silinder segaris. Dengan bekal tersebut, Ninja H2R diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 296 hp dan torsi puncak menembus lebih dari 150 Nm. Sementara, kecepatan maksimal yang bisa diraih Ninja H2R mencapai 335 km/jam.

Dengan bahan materi berkualitas, pembuatan hati-hati, dan memiliki komponen tinggi, Ninja H2R memang membutuhkan biaya produksi yang tinggi. Karena itu, tak heran jika banderol motor sport ini terbilang mahal, sekitar Rp700 jutaan hingga Rp800 jutaan untuk pasar Eropa dan Serikat. Sementara di Indonesia, karena ada pajak kendaraan mewah, harga Ninja H2R bisa mencapai Rp1 miliar.

   
Penulis: