Pannonia TLF 250 De Luxe, Sport Bike Lawas Kepunyaan Hongaria

 1827 views

Dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Eropa lainnya, semisal Inggris, Jerman, Perancis, dan juga Italia, asal Hongaria memang kurang begitu populer. Padahal, negara yang berada di kawasan Eropa bagian timur ini punya beberapa sepeda motor jempolan, salah satunya Pannonia.

Pannonia TLF 250 De Luxe – www.bikepics.com

 

Pannonia merupakan merek sepeda motor asal Hongaria yang pertama kali dibentuk pada tahun 1954. Brand ini merupakan pengembangan dari merek Csepel yang terlebih dulu lahir. Awalnya, Pannonia memproduksi motor dengan mesin berkapasitas 48cc, lalu berkembang menjadi motor 2-stroke dengan kapasitas mesin 248cc. Untuk ekspor ke Eropa bagian barat, motor buatan Pannonia sering dilengkapi dengan part dari Jepang, semisal karburator Mikuni.

pertama yang dibuat Pannonia adalah TL 250 yang diproduksi pada tahun 1954 hingga 1955. Ada sekitar 100.000 motor berkapasitas 250cc yang berhasil diproduksi hingga tahun 1959, yang setengahnya diekspor ke Brasil dan . Selama periode yang sama, sekitar 12.000 mesin diekspor ke Polandia dan 6.000 unit diterbangkan ke Uni Soviet dan Yugoslavia.

Selain model TL 250, dalam perjalanannya yang tergolong singkat (Pannonia diproduksi hingga tahun 1975), merek ini telah melahirkan beberapa model yang cukup populer di era tersebut, salah satunya model Pannonia TLF 250 De Luxe. Motor ini sendiri pertama kali dibangun sekitar tahun 1958.

Pannonia TLF 250 De Luxe mengusung desain khas motor scrambler dengan lampu depan berbentuk bulat, tangki bahan bakar berukuran agak besar, jok model menyatu, pelek yang masih menggunakan model jari-jari, dan setang dengan ketinggian yang rendah. Dibandingkan motor berkapasitas 250cc lainnya yang telah diluncurkan Pannonia, model ini hadir dengan tampilan yang lebih kompak dan kokoh.

Sayangnya, tidak banyak yang bisa digali mengenai mesin dari model Pannonia TLF 250 De Luxe. Menurut beberapa sumber, motor ini disokong dengan mesin 2-stroke, berkapasitas 250cc, silinder tunggal, dengan diameter x langkah 68 x 68 mm. Dengan modal tersebut, Pannonia TLF 250 De Luxe disebut mampu meraih maksimal 105 km per jam.

Saat ini, produk bekas Pannonia TLF 250 De Luxe banyak yang ditawarkan dalam situs jual beli online, semacam ebay. Namun, untuk bisa meminang motor antik ini, yang harus dibayarkan minimal 850 euro atau sekitar Rp12 jutaan (belum termasuk ongkos kirim ke Indonesia).

   
Penulis: