Tantang Honda, Kymco Bakal Unjuk Skuter Adventure di EICMA 2017

Jakarta – Segmen sepeda skuter adventure tampaknya mulai memiliki tempat di hati para penggemar . Sebagai salah satu pabrikan terkemuka, sudah lebih dulu menciptakan skuter matik () petualang melalui varian Honda X-ADV yang mesinnya menggunakan basis Honda NC750, motor yang mengusung kopling ganda. Tak disangka, pabrikan asal Taiwan, pun berencana meluncurkan produk serupa untuk menantang keberadaan X-ADV.

Kymco – autotekno.sindonews.com

Skuter adventure besutan Kymco ini kabarnya akan diperkenalkan secara dalam ajang EICMA, Milan, Italia, pada bulan November 2017 mendatang. Beberapa waktu lalu Kymco juga sempat meluncurkan gambar pertama dari calon skuter adventure jagoan mereka.

Untuk sementara ini memang belum ada banyak informasi yang didapat mengenai detail spesifikasi dari skuter adventure Kymco. Namun Kymco dikabarkan akan memakai basis dari skuter AK500. Nantinya motor dengan berkapasitas 750 cc parallel twin tersebut akan dikombinasikan dengan transmisi DCT yang suaranya diperkirakan akan terdengar dahsyat dan bertenaga cukup besar.

Berdasarkan bocoran awalnya, Kymco akan mengusung beberapa elemen seperti long travel suspension, windshield tinggi, dan masih banyak lagi. Demikian halnya dengan Kymco AK550, sepeda motor keren tersebut diklaim memiliki tenaga 53 daya kuda. Mesin yang diusung skuter adventure Kymco nantinya dipasang pada kerangka bawah dengan unit lengan ayun aluminium dipasang terpisah. Di samping itu, motor tersebut juga dilengkapi dengan rem kembar Brembo, suspensi depan terbalik (USD fork), didorong sabuk, lampu-lampu LED bentuk pentagonal, dan sebagainya.

Sebelumnya, Kymco sempat meluncurkan model AK 550 2017 dalam ajang Internasional Motorcycle Show Intermot 2016 di Cologne Jerman 4-9 Oktober. Skuter tersebut juga disebut-sebut sebagai maxi skuter andalan Kymco. “Maxi scooter andalan yang membuat Anda tidak ada kompromi antara kenyamanan sehari-hari. AK 550 mengintegrasikan inovasi dan terobosan, gaya hidup mewah dan kepraktisan, dan kenyamanan  sempurna untuk memberikan pengendara pengalaman bermotor yang tak tertandingi,” demikian bunyi pernyataan Kymco seperti dilansir Rideapart.

Konsep dari AK 550 sempat ditunjukkan di Tokyo, Munich, Milan, dan Beijing belum lama ini dan kemungkinan besar juga akan dipasarkan secara luas. AK550 diprediksi menjadi flagship Kymco teranyar dengan dukungan mesin 2 silinder dan dipersiapkan untuk menyambut ulang tahun Kymco ke-50.

   
Penulis: