Skutik Honda PCX Versi Lokal Bakal Lebih Mahal Dari NMAX?

Jakarta – Segmen gambot hingga kini memang masih didominasi oleh Yamaha. Untuk menyaingi keberadaan , pun berencana untuk meluncurkan PCX dalam ajang bergengsi Tokyo Show (TMS) pada bulan Oktober 2017 depan. Bahkan PT Astra Honda (AHM) kabarnya akan memproduksi PCX lokal dengan nuansa yang lebih premium dari sang kompetitor.

Honda PCX 150 Lokal – indonesiautosblog.com

“Kemunculan perdana PCX hadir di Tokyo Motor Show, Oktober nanti. Itu nantinya akan dirakit di Indonesia. Sesuai segmen (premium), memang PCX beda dengan kompetitor. Jadi tidak akan semurah dia (NMAX),” kata salah satu sumber dari PT AHM, seperti dilansir Kompas.

Dengan adanya bocoran tersebut, maka kemungkinan besar Honda PCX 150 generasi kelak akan terpaut lebih mahal dibandingkan NMAX. Lantas seperti apa tampilan Honda PCX versi baru? Sang sumber sendiri masih enggan mengungkap secara detail. “Tetapi, wujud serta eksklusivitas PCX lawas akan terjaga buat konsumen nantinya,” kata sumber.

Sayangnya Honda PCX versi rakitan lokal nantinya belum akan dipasarkan pada tahun 2017 ini. Kemungkinan baru akan dipasarkan pada kuartal I 2018. Di samping itu, PT AHM pun akan bersaing dengan Vietnam yang sebelumnya didaulat menjadi basis PCX di wilayah Asia.

Menariknya, Honda Vietnam pun tengah mempersiapkan versi teranyar dari PCX yang kelak akan bersaing dengan produksi Indonesia. “Mereka juga lagi siapin. Tapi, salah satu target kita kan ekspor,” jelas sumber. Seperti diketahui, Honda Indonesia dianggap unggul dalam hal kapasitas produksi dan biaya produksi yang lebih murah. Oleh sebab itu bisa saja jika Honda PCX buatan Indonesia lebih disukai dibandingkan Vietnam.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) selama periode Januari-Agustus 2017, Honda telah memasok sekitar 4.400 unit PCX impor CBU dari Vietnam. Sementara itu sang kompetitor Yamaha NMAX unggul jauh dengan penjualan 160.128 unit. Pasalnya harga NMAX memang dipatok lebih murah dari PCX versi lawas, yakni Rp 30 jutaan untuk varian tertingginya.

Dengan adanya solusi perakitan lokal, PCX teranyar diharapkan bisa dibanderol dengan harga lebih terjangkau meski tidak lebih murah dari NMAX. “Sepertinya, posisi PCX tetap akan ada di atas NMAX, karena memang segmen (target pasar) berbeda. Tidak akan bisa sama seperti NMAX sekitar Rp27 jutaan, paling logis Rp 30 jutaan, lebih sedikit,” tandas sumber.

   
Penulis: