Red Bull KTM, Tim Tersukses Motocross Kini Rambah MotoGP

 2793 views

Berbicara tentang off-road, kita tentunya tak bisa berpaling dari nama KTM. Bekerja sama dengan Red Bull, pabrikan asal Austria tersebut merupakan penguasa medan ekstrem, baik di kelas 250cc hingga 450cc.

red bull ktm – haajashare.com

 

 

, tak hanya di segmen motor penggaruk tanah, kolaborasi KTM dan Red Bull juga bakal kita saksikan di sirkuit aspal lewat ajang MotoGP. Menurut rencana, tim Red Bull KTM akan terjun di ajang balapan paling populer sedunia tersebut pada musim balap 2017, bersaing dengan nama-nama yang sudah tenar seperti Yamaha, , maupun dan .

Sebenarnya, KTM bukan pemain baru di ajang MotoGP. Sepuluh tahun lalu, pabrikan dengan warna kebesaran oranye ini pernah bekerja sama dengan Team Robert dan menghasilkan motor bernama Proton KR KTM yang ditunggangi pembalap Shane Byrne. Sayangnya, tim ini hanya mengoleksi satu poin saja yang diperoleh di seri Laguna Seca.

Hanya setahun berlaga di MotoGP, KTM memilih mengurus proyek GP125 dan GP250, serta Moto3. Namun hasrat untuk bersaing di kelas paling bergengsi tetap ada. Akhirnya, pada tahun 2014 lalu, KTM secara mengumumkan akan terjun di kelas MotoGP mulai musim 2017. Menurut pengamat, KTM memilih musim 2017 karena ingin mempelajari terlebih dulu data ban Michelin yang kini digunakan di MotoGP.

Untuk bersaing dengan pabrikan lain, KTM pun sudah menyiapkan amunisi berupa motor sport full yang diberi nama KTM RC16 MotoGP. Secara tampilan, motor ini mengusung depan yang cukup kecil dan agak datar. Desain buntut KTM RC16 juga cukup unik dengan ukuran yang tampak bongsor dan besar.

Yang menarik, KTM juga menggandeng Red Bull sebagai sponsor utama tim MotoGP. Terakhir kali Red Bull tampil di ajang MotoGP ketika mendukung tim Suzuki MotoGP dalam seri Laguna Seca 2005. Agaknya, KTM ingin mentransfer kesuksesan mereka bersama Red Bull di ajang motocross ke MotoGP. Seperti diketahui, 14 pemenang terakhir dari motor balap populer Dakar mengendarai motor KTM.

Selain itu, tim Red Bull KTM juga telah memenangkan kejuaraan kelas MXGP dan MX2 setiap tahun di ajang motocross dunia sejak tahun 2010. Jika digabung, mereka telah memenangkan 10 gelar secara beruntun.

   
Penulis: