Susul KTM, Husqvarna Luncurkan Motor Trail 2-Tak Injeksi

 1206 views

Sepeda-.info – 2-stroke atau 2-tak tadinya dikatakan musnah karena sudah ditinggalkan oleh sebagian pabrikan. Pasalnya, motor dengan 2-tak ini mengeluarkan emisi lebih kotor sehingga tidak lulus uji emisi di berbagai negara. Namun, asal Swedia, Husqvarna, seolah membangkitkan 2-tak dengan meluncurkan varian motor 2-stroke , yaitu Husqvarna TE250i dan Husqvarna TE300i.

Husqvarna TE250i – otomotif.kompas.com

Kedua sepeda motor dari pabrikan asal Swedia tersebut bakal mengusung mesin yang memiliki dua buah injeksi yang disebut mampu menghasilkan pasokan bahan bakar yang sesuai di tiap kondisi. injeksi mengantarkan campuran bahan bakar untuk memastikan pembakaran yang lebih efisien. Diletakkan di bagian belakang silinder, tabung khusus mengirimkan data tekanan ke ECU. Sementara, oli 2-tak yang merupakan salah satu bagian penting, disimpan di tangki terpisah untuk mengurangi pre-mixing.

Sistem injeksi ini disebut mampu mengurangi konsumsi bahan bakar dan lebih efisien. Selain itu, dengan sistem injeksi, akan memudahkan pengguna sepeda motor untuk mengatur setting mesin tanpa harus mengganti jetting karburator lagi. Pengendara cukup melakukan setting lewat komputer dan alat khusus untuk menyesuaikan karakter mesin.

Sebagai sebuah motor trail, baik Husqvarna TE250i maupun Husqvarna TE300i juga disokong dengan mumpuni untuk menerjang kerasnya medan off-road. Pabrikan telah memasang suspensi depan yang mengadopsi WP Performance System, dengan ban yang menggunakan compound lebih baik, sehingga mampu mereduksi gesekan dan membuatnya lebih kaku. Sementara, sistem pengereman disokong Magura yang dipadu cakram GSK.

Menurut kabar yang beredar, baik Husqvarna TE250i maupun Husqvarna TE300i bakal tersedia di seluruh dunia mulai bulan Juli mendatang, meski pabrikan belum memberikan bocoran mengenai harga mereka tersebut. Sebelumnya, KTM, yang notabene saudara kandung Husqvarna, telah memproduksi dua motor trail 2-tak dengan injeksi berkapasitas 250cc dan 300cc.

   
Penulis: