Suzuki LTZ 400, Kendaraan ATV Tangguh di Segala Medan

All Terrain Vehicle, atau lebih populer dengan sebutan ATV, merupakan kendaraan beroda empat yang sering digunakan untuk memacu adrenalin di medan off-road. Orang juga kerap menyebut kendaraan ini sebagai mobil mini atau mini traktor, karena bentuknya yang menyerupai traktor.

ltz 400 – www.raptorforum.com

 

Meski biasa dikendarai untuk melibas medan off-road, namun ATV sebenarnya juga bisa diajak untuk melahap segala medan. Awalnya, kendaraaan ini hanya digunakan oleh para pemilik perkebunan sebagai alat mereka. Seiring zaman, ATV digunakan untuk banyak kegiatan di dunia , seperti balap, penjelajah alam, kendaraan operasional SAR, atau untuk disewakan sebagai kendaraan pelintas alam.

Umumnya, ATV dibagi menjadi dua jenis, yaitu I yang ditujukan untuk operator tunggal atau tanpa penumpang. Sementara, II ditujukan untuk operator dan penumpang. Karena itu, untuk ATV II ini telah dilengkapi dengan jok belakang yang mampu menampung satu penumpang.

Beberapa pabrikan juga telah meluncurkan berbagai varian ATV untuk memuaskan pengendara off-road. Pabrikan Suzuki misalnya, meluncurkan puluhan ATV, salah satunya varian LTZ 400. Kendaraan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 silam. Meski bukan ATV 4-stroke pertama yang dirilis perusahaan, namun seri LTZ 400 disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik.

Selain dapat digunakan pada trek off-road, LTZ 400 juga garang ketika dikendarai di jalanan beraspal. Ini berkat torsi low end dan karakteristik mesin yang jinak. Jika Anda membutuhkan kendaraan tangguh di segala medan, LTZ 400 merupakan pilihan yang tepat.

Pada tahun 2009, Suzuki memperbarui model ini dengan menambahkan bahan bakar injeksi. Throttle 36 mm juga membantu LTZ 400 untuk tampil lebih efisien dan dapat diandalkan. Lebar lengan Front-A juga ditingkatkan serta pembaruan pada sisi frame untuk meningkatkan daya dan menghasilkan kenyamanan lebih pada pengendara. Untuk sektor jantung pacu, Suzuki membenamkan mesin tipe 4-stroke, single cylinder, DOHC, berkapasitas 398cc, fuel injection. Berikut teknis Suzuki LZ 400.

Dimensi 72 x 45,9 x 45,7 inci
Tinggi Jok 31,9 inci
Jarak ke Tanah 10,4 inci
Berat Kosong 372 pon
Jarak As Roda 49 inci
Ukuran Ban Depan 22-7-10
Ukuran Ban Belakang 20-10-9
Rem Depan Twin hydraulic disc brake
Rem Belakang Single hydraulic disc brake
Suspensi Depan Independent double A-arm-five way adjustable preload
Suspensi Belakang Gas-and oil-damped linkage-type fully adjustable
Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder, DOHC
Kapasitas Mesin 398cc
Diameter x Langkah 90 x 62,6 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator (2003-2009), Injeksi (2009-2013)
   
Penulis: