Tantang Kawasaki H2, Suzuki Siapkan Motor Turbocharger di 2017

 1166 views

Sepeda-.info - semakin serius menggarap motor turbocharger yang diprediksi akan diluncurkan pada tahun 2017 ini. Sebelumnya, motor yang diberi label Recursion ini sudah dipatenkan sejak lebih dari setahun yang lalu.

Suzuki Siapkan Motor Turbocharger 2017 – autotekno.sindonews.com

 

Menurut kabar yang dilansir dari Morebikes, Suzuki akan menggunakan berkapasitas 588cc, Twin-parallel turbocharger yang mampu menyemburkan tenaga hingga 140 HP dan torsi 64 Nm pada motor tersebut. Diprediksi, pabrikan asal Jepang itu akan memperkenalkan motor turbocharger mereka pertama kali di Eropa.

Jika jadi dirilis, motor buatan Suzuki ini disebut akan menjadi lawan sepadan bagi H2 dan H2R karena bermain di segmen yang sama. Meski masih kalah dalam hal mesin (Kawasaki H2 mengusung mesin 998cc supercharger dengan daya 310 HP), namun motor buatan Suzuki disebut lebih irit bahan bakar karena penggunaan turbocharger. Selain itu, keunggulan lain dari sepeda motor ini adalah dimensi blok mesin yang lebih ramping.

Suzuki Recursion sendiri merupakan neo cafe racer yang pernah ditampilkan ketika gelaran Tokyo Motor Show 2013 lalu. Penampilan ini sangat unik berkat swing arm single sided, garpu upside down, cakram bergelombang, dan rangka karbon mono-chock. Dalam dokumen aplikasi paten, tampak turbocharger diterapkan pada sepeda motor bermodel tanpa fairing, selain juga sebuah intercooler yang diletakkan di bawah sub-frame.

Meski demikian, beberapa spekulasi merebak karena paten turbocharger tersebut tidak sendirian. Beberapa kalangan menyebut, jika turbocharger bisa saja diterapkan pabrikan asal Hamamatsu untuk seperti V-Strom atau roadster TL1000.

   
Penulis: