Tossa Pico Hercules, Motor Roda Tiga Ala Skuter Matik

 3937 views

merupakan salah satu pabrikan asli yang didirikan pada tahun 2003. Pabrikan yang berbasis di Jakarta ini sangat terkenal dengan niaga beroda tiga yang memiliki gerobak atau box di sisi belakang. Dan, salah satu motor niaga beroda tiga yang telah dirilis Tossa adalah Pico Hercules.

tossa pico hercules – motorniaga.com

 

Pico Hercules adalah salah satu inovasi produk motor Tossa yang banyak digemari para pengusaha karena produk ini menggunakan kopling semi sehingga lebih mudah dioperasikan, baik oleh pria maupun wanita. Desain bodi depan Pico Hercules juga menyerupai matik dan memiliki bentuk bak yang lebih kecil sehingga lebih lincah serta mudah dikendarai pada jalan yang sempit.

Seperti kendaraan roda tiga pada umumnya, Pico Hercules juga dilengkapi dengan gardan sehingga dapat berjalan mundur. Pada sistem pengamanan, selain rem depan dan rem belakang, terpasang juga rem tangan untuk menghindari motor melaju sendiri ketika berada di jalanan yang menurun.

Yang menarik dari motor ini adalah pintu bak yang bisa dibuka dari samping dan belakang. Ini tentunya membuat proses bongkar muat barang menjadi lebih mudah. Selain itu, fitur khusus seperti tempat duduk dan sandaran yang nyaman serta bagasi serbaguna kecil mampu memberikan efisiensi tersendiri bagi kenyamanan pengguna.

Beralih ke sektor jantung pacu, Tossa membekali Pico Hercules dengan mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 108cc, fan-cooled. Dengan modal tersebut, motor tiga roda ini diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 5,2 kW pada putaran 8.000 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi manual empat percepatan.

Saat ini, Pico Hercules hadir dalam tiga varian warna yang menarik, yaitu merah-hitam, biru-putih, dan hijau-putih. Satu unit motor roda tiga ini dibanderol dengan mulai Rp17 jutaan. Sementara, produk bekas motor ini dilepas di kisaran Rp10 jutaan hingga Rp15 jutaan. Berikut teknis Tossa Pico Hercules.

Tipe Mesin 4-stroke, silinder tunggal, fan-cooled
Kapasitas Silinder 108cc
Daya Maksimum 5,2 kW @ 8.000 rpm
Sistem Starter Electric dan Kick
Pengapian CDI
Transmisi Manual, 4-speed
Dimensi Keseluruhan 2.250 x 1.050 x 1.500 mm
Dimensi Box 1.250 x 1.050 x 800 mm
Beban Maksimum 250 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5,7 liter
Roda Depan dan Belakang 4,00-12
Re Depan dan Belakang Drum (Tromol)
   
Penulis: