Trik Jitu Jalankan Bisnis Jual Beli Motor Bekas

 1947 views

masih menjadi salah satu moda yang diminati masyarakat . Pasalnya, kendaraan roda dua ini kebanyakan memiliki bentuk dan dimensi yang kecil sehingga nyaman digunakan di jalanan yang sempit sekalipun. Di samping itu, sepeda motor juga tergolong hemat bahan bakar sehingga bisa meminimalkan pengeluaran biaya .

Jual Beli Motor Bekas – urban-kota.blogspot.com

 

Karena masih menjadi alat transportasi favorit, tidak mengherankan jika setiap tahun kita disuguhi banyak varian motor baru yang dikeluarkan pabrikan. Motor-motor baru tersebut tentunya membawa berbagai dan terkini yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan zaman.

Sayangnya, untuk sebagian orang, membeli motor baru bukanlah hal yang simpel. Dikarenakan faktor ekonomi, banyak orang yang kemudian lebih memilih membeli motor bekas. Jika teliti, konsumen memang bisa mendapatkan motor bekas berkualitas dengan yang jauh lebih murah dibandingkan motor baru.

Nah, masih tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap motor bekas membuat bisnis jual beli kendaraan roda dua second menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Selain itu, pasaran beberapa motor bekas yang masih tergolong tinggi juga berpotensi menghasilkan keuntungan berlipat bagi pelaku usaha ini.

Jual beli motor bekas sendiri sangat cocok bagi mereka yang baru terjun dalam dunia bisnis. Bagi mereka yang ingin menggeluti bisnis ini, awalnya bisa menjadi makelar atau penyalur motor bekas milik kerabat atau rekan yang dijual. Uang hasil penyaluran motor bekas ini bisa dijadikan modal untuk menjalankan bisnis jual beli motor bekas sendiri.

Nah, jika Anda tertarik menekuni bisnis ini, berikut beberapa rambu yang perlu diperhatikan.

  • Modal. Modal merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis apa pun. Untuk jual beli motor bekas, Anda bisa mendapatkan modal melalui pinjaman dari bank, investor, atau mengumpulkan uang dengan menjadi makelar.
  • Showroom. Setelah modal didapat, Anda bisa mendirikan sebuah showroom yang memajang motor-motor bekas jualan Anda. Showroom ini tentunya harus bersih, luas, dan menarik agar konsumen terkesan. Selain itu, lokasi showroom juga harus strategis agar mudah diakses. Jika terbentur modal, Anda untuk sementara bisa menyulap salah satu bagian rumah menjadi showroom.
  • Stok kendaraan. Stok kendaraan yang dimiliki sangat memengaruhi perputaran roda usaha yang dijalankan. Jika stok motor terlalu banyak atau jenis motor yang disediakan kurang menarik minat pasar, maka usaha Anda akan sulit berkembang. Ketika memulai usaha, cukup sediakan 10 stok motor bekas yang sedang diburu saat itu. Selain itu, pastikan juga kelengkapan STNK, BPKB, dan KTP penjual.
   
Penulis: