Ural Patrol, Motor Sespan Klasik Cocok Untuk Touring

 2370 views

Ketika pabrikan Ural menjejakkan kakinya di pasar Indonesia pada tahun 2016 lalu, mungkin masih banyak penggemar roda dua yang mengernyitkan dahi. Pasalnya, Ural memang menjadi salah satu yang tidak terlalu dikenal luas pencinta , kecuali mereka yang menyukai motor-motor .

Ural Patrol – moto.zombdrive.com

 

Ural sebenarnya sudah hadir sejak era Perang II di dekade 1930-an hingga 1940-an. Kala itu, pemerintah Uni Soviet melakukan segala kemungkinan, termasuk membuat motor guna mencegah invasi Nazi Jerman. Kemudian, Ural meluncurkan seri pertama mereka, M-72, pada tahun 1941 yang mengambil basis teknik dari BMW R71 dengan sespan.

Di era sekarang, Ural kembali menghadirkan motor klasik dengan sespan untuk publik otomotif dunia, termasuk Indonesia. Lewat PT Hobby Motor Indonesia (terkenal sebagai produsen motor nasional SOIB), Ural mengikuti ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2016 dan langsung membawa empat motor sespan sekaligus, salah satunya Ural Patrol.

Menurut situs resmi perusahaan, Ural Patroli dihadirkan untuk memfasilitas kebutuhan masyarakat yang gemar melakukan atau perjalanan jarak jauh, selain juga untuk transportasi sehari-hari. Karena dirancang untuk kebutuhan , motor ini telah dilengkapi dengan ban cadangan, serta penggerak dua roda (2WD) yang siap memberikan kemampuan untuk beralih di antara single-wheel drive, dan traksi yang luar biasa dari dual-wheel drive dengan flip dari tuas.

Di bagian jantung pacu, Ural Patrol juga dibekali yang identik dengan tiga tipe Ural lainnya, yaitu 4-stroke, OHV, air-cooled, 2 silinder, berkapasitas 749cc, 2 katup per silinder, throttle body EFI. Dengan modal tersebut, motor ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 41 HP pada putaran 5.500 rpm dan torsi puncak menembus angka 42 ft-lb pada putaran 4.300 rpm.

Saat ini, Ural Motorcycle menghadirkan Ural Patrol dalam pilihan warna Green Metallic, Grey Metallic, dan Burgundy Metallic. Di pasar global, satu unit Ural Patrol ditawarkan dengan mulai USD 15.599. Sementara, ketika dirilis di Indonesia tahun lalu, Ural melepas model ini dengan mulai Rp375 jutaan. Berikut spesifikasi teknis Ural Patrol.

Kapasitas Mesin 749cc
Tipe Mesin OHV, air-cooled, 2 silinder, 4-stroke
Katup per silinder 2
Diameter x Langkah 78 x 78 mm
Daya Maksimum 41 HP @ 5.500 rpm
Torsi Maksimum 42 ft-lb @ 4.300 rpm
Bahan Bakar Throttle Body EFI
Starter Electric & Kick
Transmisi Manual
Speed 4 Forward, 1 Reverse
Panjang 98,8 inch
Tinggi 54,3 inch
Lebar 63,6 inch
Tinggi Jok 32 inch
Jarak ke Tanah 6,8 inch
Berat 730 lbs
Suspensi Depan IMZ Leading Link Fork
Suspensi Belakang Double-sided swing arm
Ban Duro HF-308, 4,0 x 19”
Rem Depan Disc, 4-piston
Rem Belakang Disc, single-piston
   
Penulis: