Davinci DC100 Dirilis, Motor Futuristik dengan Fitur Serupa Robot

 104 views

Sepeda-motor.info – Pabrikan asal selama ini memang identik dengan kloning, termasuk dari merk Jepang. Meski demikian, diakui atau tidak, perusahaan Negeri Tirai Bambu tidak jarang melahirkan yang revolusioner. Terbaru, sebuah startup asal bernama Davinci Dynamics merilis Davinci DC100 yang disebut-sebut sebagai robot dalam wujud sepeda motor.

Davinci DC100 – newatlas.com

Davinci DC100 memang tampil dalam bentuk sepeda motor café racer dengan yang cukup sederhana. Produk ini membawa sasis kombinasi aluminium monocoque, lengan ayun satu sisi, dan penutup paket baterai lithium raksasa berkapasitas 17,7 kWh. Hampir seluruh bodi diberi abu-abu, tetapi perusahaan juga menghadirkan pilihan jingga.

Kenapa motor ini disebut robot, karena mengusung sejumlah canggih. Davinci DC100 dibekali dengan Driving Assistance technology. Saat pengendara memilih “D” di gearbox, kuda besi akan bergerak perlahan ke depan ketika biker melepas tuas rem, mirip mobil otomatis. Dengan kontrol terintegrasi, Davinci DC100 memberikan akselerasi instan di setiap putaran dan keseimbangan pengereman optimal untuk meningkatkan keamanan.

Sensor canggih yang ada pada Davinci DC100 dapat memberikan informasi lengkap, termasuk suhu sekitar, sudut kemiringan, dan akselerasi, beban, jenis medan, dan perbedaan antara roda. Ia menggunakan sensor gyroscope layaknya sebuah pesawat. Data ini digunakan untuk memoderasi secara tepat bagaimana kekuatannya untuk memastikan kinerja yang optimal di semua kondisi.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah self-balancing dan self-riding. Kedua fitur tersebut memungkinkan Davinci DC100 untuk menyeimbangkan dirinya sendiri dan secara otomatis bisa mengikuti pengendara. Sepeda motor ini bisa melangkah otomatis dengan menyeimbangkan diri secara otonom, seperti konsep yang sempat dikeluarkan oleh Honda.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, seperti disinggung di atas, motor ini dibekali dengan baterai 17,7 kWh yang mampu mengisi daya cepat level 3 selama 30 menit. Menurut klaim perusahaan, Davinci DC100 dapat melakukan akselerasi 0 hingga 60 mph hanya dalam waktu tiga detik. Tidak hanya itu, sepeda motor ini bisa mencapai tenaga maksimal 137 HP dan menembus top speed 200 km per jam.

Menurut kabar, Davinci menawarkan DC100 dalam dua pilihan, yakni DC100 dan DC Classic. Jika DC100 dilepas dengan USD 27.500 atau sekitar Rp398 jutaan, maka banderol DC Classic menembus angka USD 90.000 atau mencapai Rp1,3 miliar. Jika ada yang tertarik, pemesanan sudah dibuka dan calon pembeli wajib membayar uang muka cuma USD 150 atau Rp2 juta. Unit menurut rencana akan dikirimkan mulai April 2022.

Baca juga:   Kurang Laris di India, Royal Enfield Himalayan Batal Masuk Indonesia?
   
Penulis: