Desain Paten Sudah Terdaftar, Honda Forza Terbaru Siap Meluncur di Indonesia?

 373 views

Jakarta – Sosok skutik maxi Yamaha XMAX Connected tampaknya bakal mendapat pesaing baru. Pasalnya, diketahui sudah mendaftarkan teranyar bernama Forza . sketsa atau purwarupa dari new Honda Forza sudah dipatenkan oleh perusahaan dan terdaftar di Berita Resmi Industri Nomor 43/DI/2022 yang dirilis oleh Direktorat Hak Cipta dan Industri Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Honda Forza 250 (Sumber : www.oto.com)

Jika diperhatikan lebih saksama, gambar paten Honda Forza terbaru ini mempunyai kemiripan dengan desain Honda Forza yang sudah lebih dahulu meluncur untuk pasar Jepang dan Thailand. Di kedua negara itu, Honda Forza muncul dengan yang berkubikasi lebih besar, yaitu 350 cc. Tetapi, jika nanti resmi mengaspal di Indonesia, PT Astra Honda Motor () kemungkinan bakal memilih motor dengan versi lebih kecil, yakni 250 cc.

Baca juga:   Kabar Gembira, Kymco Akan Kembali Ramaikan Pasar Skutik Indonesia!

“Penyegaran yang dilakukan oleh pabrikan adalah mendesain ulang depan dan belakang yang kini tampil lebih agresif dengan nuansa sporty yang kental. Lalu bentuk garnish headlight, front side cover, hingga list light cover juga punya unsur kebaruan,” demikian seperti dilansir dari Oto.

Kemudian, untuk fiturnya, komponen panel meter yang menjadi pusat informasi dari kendaraan memiliki visual yang baru. Walau begitu, panel meter masih mengusung layout kombinasi analog dan digital seperti pada lawas, atau yang saat ini masih dipasarkan oleh AHM.

Baca juga:   Yamaha Luncurkan Sepeda Motor unik ‘Bersayap’

Tak ketinggalan, versi terbaru Honda Forza ini kabarnya memperoleh perangkat konektivitas atau yang disebut Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS). Keseluruhan fungsi dapat dioperasikan melalui sistem perintah suara lewat gawai dengan aplikasi Honda Road Sync.

HSVCS menawarkan fungsi kontrol panggilan telepon, pesan, musik, sampai navigasi. Tidak cukup sampai di situ, menariknya lagi fitur konektivitas ini juga dapat menampilkan ramalan cuaca hingga 5 jam ke depan dan cuaca terkini untuk tujuan yang dituju.

Baca juga:   Lambretta V200 GP Model 2021 Meluncur, Harga Rp50 Jutaan

Masih belum ada informasi mengenai pembaruan mesin untuk Honda Forza versi 250 cc. Tetapi, kemungkinan besar masih menggunakan mesin lama. Versi paling baru dari Honda Forza di Indonesia meluncur pada 8 Februari 2021 lalu. Motor tersebut menggunakan mesin berteknologi eSP+ 250 cc, SOHC 4 tak, pendingin cairan, dan injeksi. Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 22,7 Hp pada 7.750 rpm dan 24 Nm pada 6.250 rpm.

   
Penulis: