Resmi Meluncur, Inden BMW R18 Classic Sudah Dibuka

 828 views

Sepeda-motor.info – Akhir pekan kemarin, BMW Motorrad resmi meluncurkan BMW R18 Classic yang merupakan versi teranyar dari motor cruiser BMW R18 yang dirilis perdana pada April 2020 lalu. Selain di negara asalnya, , sepeda motor dengan tampilan lawas tersebut kabarnya juga akan dilemparkan ke pasaran dalam negeri dan sudah bisa dipesan.

BMW R18 Classic Tourer – tempo.co

Dikutip dari Naikmotor.com, CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, menuturkan bahwa unit R18 Classic kemungkinan baru akan masuk ke pasaran dalam negeri pada tahun 2021 mendatang, walau belum bisa dipastikan di bulan apa. Namun, mereka yang berminat, perusahaan sudah membuka kran inden dengan booking fee sebesar Rp100 juta per unit.

Baca juga:   Yamaha Ternyata Rilis Skutik Baru Gear 125, Harganya Mulai Rp16 Jutaan

Secara tampilan, BMW R18 Classic tetap mengusung aura yang sama dengan BMW R18, yang terinspirasi dari BMW R5 1936. Bedanya, versi ini dibekali beberapa penunjang di eksterior. Sepeda motor tersebut mengusung windshield besar ala motor patroli polisi zaman dulu, dua lampu kabut tambahan, letak sein di depan, setang yang lebih lebar, serta jok yang lebih tipis dan punya jok penumpang yang bisa dilepas.

Baca juga:   Keren, BMW Motorrad Pamerkan Konsep Skuter Listrik ‘Link’ Bergaya Futuristik

Untuk menunjang kala kuda besi diajak touring, tersemat pula sepasang saddle bag besar untuk menaruh barang bawaan. Lantaran kebutuhan itu pula, ban depan yang sebenarnya berukuran 19 inci pada BMW R18, diganti menjadi berukuran 16 inci. Dengan begitu, BMW R18 Classic Edition punya ban serupa depan-belakang.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, tidak melakukan ubahan sama sekali. Model ini tetap mengusung boxer, OHV, berkapasitas 1.802cc, pendinding udara. Dengan model tersebut, BMW R18 Classic Edition dikatakan mampu meletupkan tenaga maksimal 91 tenaga kuda pada putaran 4.750 rpm dan meraih torsi puncak di angka 150 Nm pada putaran 2.000 hingga 4.000 rpm.

Baca juga:   Ducati Multistrada 950 S Resmi Dirilis, Versi Baru Diklaim Makin Bertenaga

BMW R18 Classic yang menjadi pesaing Harley Davidson hadir dalam tiga mode berkendara, yakni Rain, Roll, dan Rock. Beberapa keselamatan yang terdapat pada motor itu adalah ASC (Automatic Stability Control) dan Hill Start Control. Sepeda motor ini dijual seharga Rp 450 jutaan sebelum pajak. Namun, belum diketahui harganya untuk pasaran Indonesia.

   
Penulis: